Sosialisasi Maksimal, Angka Partisipasi Pilbup Kab. Bandung Malah Turun

pilkada serentak

pilkada serentak

POJOKBANDUNG.com, MARGAHAYU – Berdasarkan formulir C1, Sekretaris KPU Kabupaten Bandung, Dudi Hidayat mengakui jika angka partisipasi Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bandung 2015 menurun jika dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya.


“Kita berharap pada Pilbup 2015 ini, partisipasi pemilih mencapai 80 persen, saat Piplres kemarin angka partisipasi mencapai 70 persen. Namun jika kenyataan di lapangan ternyata ada menurun, kita sudah maksimal melakukan sosialisasi untuk mendongkrak partisipasi pemilih,” ujar Dudi

KPU Kabupaten Bandung sendiri, telah berupaya untuk meningkatkan angka partisipasi dengan cara melakukan sosialisasi dan roadshow ke seluruh wilayah, termasuk bekerjasama dengan berbagai pihak.

“Kita pun melakukan sosialisasi dengan pemasangan Alat Peraga Sosialisasi (APS) melalui spanduk, baliho, hingga billboard. Bahkan pemerintah pusat dan daetah pun sudah berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2015 dengan menjadikan tanggal 9 Desember 2015 lalu menjadi Hari Libur Nasional,” terangnya.

Terkait dengan penurunan partisipasi pemilih tersebut, Dudi menilai ada beberapa penyebab. Salah satunya minimnya pendidikan politik di tingkatan pendidikan. Hal ini setidaknya memberikan dampak pada para pemilih pemula yang notabene masih dalam usia sekolah untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Dan salah satu hal terpokok adalah dengan semakin menurunnya kepercayaan masyarakat. Jadi jangan saling menyalahkan, tapi bagaimana solusi dari permaslaahan ini. Semua pihak harus saling bahu membahu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hal pilihnya di setiap pelaksanaan pesta demokrasi ini. Kita dari KPU sendiri sudah sangat maksimal melakukan sosialisasi dengan anggaran yang kami miliki,”paparnya.

Berdasarkan data yang dilansir di laman KPU Pusat, https://pilkada2015.kpu.go.id/bandungkab, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Kabupaten Bandung mencapai 63,05 persen. Dengan rincian, partisipasi pemilih perempuan sebesar 67,73 persen dan pemilih laki-laki sebesar 58,50 persen.

Untuk jumlah pemilih di Kabupaten Bandung sendiri mencapai 2.506.932 pemilih, dengan rincian 1.268.746 pemilih laki-laki dan 1.237.857 pemilih perempuan. Sedangkan untuk jumlah pengguna hal pilih hanya mencapai 1.580.657 pemilih dengan rincian 742.161 pemilih laki-laki dan 838.450 pemilih perempuan. (mld)

Loading...

loading...

Feeds