Pendekar Silat dari Tujuh Negara Duduki Balai Kota

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Para jago pencak silat seluruh dunia berkumpul di Balai Kota Bandung Sabtu (12/12/15), dalam acara Temu Pendekar Internasional. Para pendekar itu datang dari tujuh negara untuk menghadiri gelaran seni, budaya, dan olahraga.

Ketua Masyarakat Pencak Silat Indonesia (Maspi) Asep Guwarwan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya asli Tanah Air. Sebab menurutnya, negara lain lebih antusias untuk mempelajari pencak silat dibandingkan negara sendiri.

“Setelah tiga bulan diskusi dengan para tokoh, akhirnya mereka menyetujui gelaran Temu Pendekar Internasional ini. Digelar di Balai Kota ini karena tempat terbuka supaya kesan pencak silat lebih diarahkan kepada generasi muda, harus paham,” jelas Asep saat temui di balai kota, Sabtu (12/12/15).

Dia mengungkapkan, adapun tujuh negara yang menghadiri di antaranya Inggris, Amerika, Belanda, Jerman, Jepang, Malaysia, Timor Leste.

“Event ini kita kan berupaya untuk menggelar maksimal dua tahun sekali. Di sisi lain perlu untuk dokumentasi pencak silat tradisi. Sebagai ilmu juga pencak silat adalah sebagai pusaka. Ilmu harus dipelajari dan pusaka harus dilestarikan,” tuturnya.

“Targetnya bagaimana pencak silat tetap membumi, dan gak mau punah di negeri sendiri. Sekarang sudah go internasional, khawatir dengan keseriusan mereka (negara lain). Karena dari Eropa sudah banyak membuat buku dan dokumentasi sejarah silat,” lanjutnya.

Selain karnaval, kata Asep, kegiatan itu juga memamerkan aksi dari beberapa aliran silat dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Selain itu diadakan juga workshop dan diskusi mengenai perkembangan silat saat ini.

Acara tersebut digelar hingga besok, Minggu 13 Desember 2015.
(cesar)

Loading...

loading...

Feeds