Wow…Berlian Menteri ESDM yang Termahal di Pameran Gratifikasi KPK

POJOKBANDUNG.com, Berlian seharga Rp 3, 97 miliar pernah dimiliki oleh Menteri ESDM, Sudirman Said. Namun, Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Giri Suprapdiono mengatakan Sudirman sudah melaporkan dan menyerahkan barang gratifikasi tersebut ke pihaknya.


Ia menilai, untuk saat ini berlian Sudirman merupakan nilai gratifikasi terbesar yang pernah dilaporkan ke KPK.

“Nilainya hampir Rp 4 miliar. Ini terbesar (nilainya),” ujar Giri melalui pesan singkat yang dilansir dari rmol (jpnn group), Jumat (11/12).

Giri menerangkan, Sudriman melaporkan hal tersebut tepat pada tanggal 23 Oktober 2015. Hanya saja, masih belum diketahui siapa yang memberikan berlian tersebut.

Selain voucher belanja Rp 50 ribu, parfum, radio antik, dan jam tangan dalam pameran Festival Anti Korupsi di Bandung, sepaket berlian milik Sudirman menjadi salah satu barang gratifikasi yang dipamerkan.

Sebagian barang itu rencananya dilelang pada hari ini, namun tidak termasuk berlian Sudirman.

Sebelumnya, Kasubdit Pengelolaan Kekayaan Negara III Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Karman Kamal, berharap pameran tersebut akan membuat publik semakin sadar apa itu gratifikasi dan apa yang harus dilakukan untuk menyikapinya.

“Untuk event ini, kita ada 327 barang. Dalam pelaksanaannya, lelang akan dibagi ke dalam 199 lot,” ujar Karman.

Dia mengemukakan, lelang tersebut merupakan tindak lanjut dari apa yang telah dilakukan KPK.

“KPK sudah menyerahkan barang-barang ini dan ini sudah ditetapkan sebagai barang milik negara. Hasil dari lelang ini nantinya akan masuk ke kas negara,” kata dia.(wid)

 

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Hadirkan To The POIN Festival

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel kembali memberikan program spesial kepada seluruh pelanggan setia dengan menggelar …