Ridwan Kamil: Indeks Persepsi Korupsi Bukan Banyaknya yang Ditangkap, tapi…

Lelang Gratifikasi_Khairizal Maris_RADAR BANDUNG

Lelang Gratifikasi_Khairizal Maris_RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meluncurkan Portal Data dan Zona Integritas Kota Bandung saat Festival Hari Anti Korupsi (HAKI) di Sabuga, Jumat (11/12).


Menurut Ridwan Kamil, launching kedua portal tersebut merupakan rekomendasi dari KPK agar Pemkot Bandung memiliki aspek transparansi Akuntabilitas. Untuk transparansi sendiri, dia membangun portal data Kota Bandung.

“Di Bandung semua akan satu data. Sehingga masyarakat boleh menyampaikan aspirasi. Kami akan buka data lagi yang diperlukan oleh masyarakat,” ujar Ridwan Kamil.

Ia menargetkan di tahun ketiga kepemimpinannya atau tahun 2016, konsep reformasi birokrasi bisa berjalan dengan maksimal. Sebelumnya juga, birokrasi Bandung menjadi yang terbaik di tahun 2015 dengan SAKIP.

Ridwan Kamil berharap, agar di tahun depan reformasi yang maksimal tersebut dapat disinkronkan dengan kepuasan publik yang baik juga.

Ridwan Kamil menambahkan, indeks persepsi korupsi itu ada di pelayanan publik, bukan banyaknya yang dihukum atau yang dimutasi.

“Tadi ketua KPK menyampaikan indeks persespi korupsi ada di pelayanan publik, bukan banyaknya yang ditangkap dan dihukum. Tapi seberapa baik pelayanan publik sehingga menjadi persepsi yang baik,” ungkap Ridwan Kamil.

Dengan dibukanya open data sebagai reformasi birokrasi Bandung, dia berharap Kota Bandung bisa menjadi percontohan.

Namun dari semua data yang telah dibuka, dia menuturkan, data aset Kota Bandung tidak diperbolehkan untuk dibuka. Karena, lanjut dia, hal itu merupakan aset rahasia yang takut disalahgunakan.

“Di Bandung ada 60 SKPD. Targetnya di tahun depan setelah diperbaiki semua data di Bandung ada, semua bisa mengakses apa saja kecuali data rahasia yang punya potensi untuk disalahgunakan kalau dibuka secara umum,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …