Pemkot Bandung Luncurkan Databandung.go,id

logo pemkot bandung

logo pemkot bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Untuk menyamakan data base di kota, Pemkot Bandung membuat portal khusus bernama databandung.go.id.


“Dengan portal ini, kami menyediakan data-data yang bisa diakses bebas oleh warga Kota Bandung,” ujar sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yanyan Ahmad Briliana, kepada wartawan, Jumat (11/12).

Menurut Yanyan, data-data yang dikumpulkan dari seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Bandung, sudah sesuai dengan undang-undang tentang keterbukaan Informasi Publik No 14 tahun 2008.

“Nantinya, semua data bisa diakses oleh warga, kecuali data-data yang dikecualikan,” ungkap Yanyan.

Ada sekitar 100 item lebih yang dikecualikan. Dengan beberapa kriteria diantaranya, rahasia negara, masih berporses hukum, data pribadi pejabat, termasuk nomor telepon.

“Kalau nomor telepon pribadi tidak boleh diberikan kalau nomor telepon dinas silakan,” tambahnya.

Juga data yang terkait dengan aset. Namun, untuk aset yang belum ada sertifikasi maka tidak boleh dipublikasi. “Karena berisiko ada oknum yang menyalahgunakan informasi tersebut,” tegasnya.

Jika masyarakat merasa ada yang harus dipublikasi, namun tidak bisa diakses, maka diperbolehkan melapor ke KIP (Komisi Informasi. Publik). “Nantinya, mereka yang akan menilai dan menentukn, apakah informasi yang dibutuhkan masyarakat boleh diakses atau tidak,” pungkasnya.

Loading...

loading...

Feeds