Kapolri: Ada Pemukulan di Papua dan Perampasan Surat Suara, tapi…..

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kapolri Jendral Badrodin Haiti menyatakan pelaksanaan Pilkada secara serentak secara umum berjalan tanpa ada tindakan pidana yang mampu menghentikan proses pemilu.

Menurutnya, secara umum bisa dinyatakan kondusif walapun hal-hal kecil tetap mewarnai saat penyelenggaraan di beberapa daerah.

“Pilkada aman dan terkendali, tidak ada kasus kasus yang menonjol. Ada lah sedikit permasalahan – permasalahan teknis, percobaan money politik tapi tidak sampai mengganggu dan meresahkan masyarakat,” ujar Badrotin saat mengunjungi Bandung, kemarin.

Tindakan money politik, Badrodin menjelaskan, jika memang itu didapatkan oleh petugas dan memang merugikan akan diproses hukum sesuai ketentuan Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Kalau money politik itu pasti ada, persoalannya kan memang di UU nomor 8/2015 ini kan bukan kriminal, jadi ketika ditemukan pun bisa disidik dengan KUHP,” tambahnya.

Tindakan kriminal, lanjut dia, terjadi di beberapa daerah, namun cepat tertangani baik dikalangan pemilih maupun di sektor teknis penyelenggara pemilu.

“Secara umum kondusif. Ada di Papua pemukulan karena mabuk, perampasan surat suara tapi secara keseluruhan bisa diatasi,” terangnya.

(cesar)

Loading...

loading...

Feeds