Waduh, Kirmir Gedung Pemkab Bandung Barat Setinggi 3 Meter Ambruk

kirmir gedung Pemkab Bandung Barat ambruk. (bowo)

kirmir gedung Pemkab Bandung Barat ambruk. (bowo)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH–Kirmir setinggi kurang lebih 3 meter di Gedung B SKPD yang merupakan kantor baru tahap III, lingkungan Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat roboh dan rusak parah usai diguyur hujan deras.


Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, robohnya kirmir tersebut terjadi sejak Sabtu sore (5/12) setelah diterjang air yang cukup deras dari Kampung Cinangela tidak jauh dari perkantoran Pemkab Bandung Barat ke area gedung yang baru dibangun ini. Akibatnya, kirmir yang baru selesai dibangun sejak November lalu ini, tiba-tiba roboh.

“Airnya turun cukup deras karena waktu itu hujan besar. Tiba-tiba kirmir itu roboh karena tidak bisa menahan air cukup banyak,” kata salah seorang pekerja bangunan Gedung B SKPD, Darman Suratman (45) saat dijumpai di lokasi, Kamis (10/12).

Saat ini, kata dia, para pekerja langsung memperbaiki kirmir yang roboh tersebut. Rencananya, di area kirmir yang rusak ini akan kembali dibuatkan saluran air baru. Pada saat kirmir tersebut roboh, kebetulan tidak ada pekerja lantaran sedang libur. “Pekerja saat ini langsung memperbaiki kirmir sekaligus membuat saluran air agar kirmir tidak kembali roboh,” ungkapnya.

Robohnya kirmir di Gedung B SKPD yang dikerjakan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama-PT Amarta Karya (KSO) sebagai pemenang tender dengan nilai proyek yang mencapai Rp132.894.759.000 tersebut disayangkan oleh Ketua Komisi III DPRD KBB, Tatang Gunawan.

Ia mengaku kecewa dengan adanya kabar kirmir yang baru dibangun tersebut tiba-tiba roboh. “Kami sangat kecewa ketika mendengar adanya kirmir di gedung baru ini roboh. Belum dipakai saja sudah roboh, apalagi nanti setelah dipakai. Kantor baru ini menghabiskan anggaran yang besar,” sesal Tatang saat dihubungi.

Proyek gedung yang menghabiskan ratusan miliar rupiah ini, lanjut Tatang, menjadi bukti ada yang salah dari awal dalam proses teknis pembangunan yang dilakukan oleh perusahaan pemenang tender.

“Kita akan panggil Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) sebagai yang bertanggung jawab atas pembangunan gedung baru ini. Dan kita juga akan minta pertanggungjawaban dari pihak perusahaan pemenang tender tersebut,” tegasnya.

Ia memandang, kantor yang baru selesai dan saat ini belum digunakan tersebut akan menjadi gedung kebanggaan masyarakat atas pembangunan yang dilakukan pemerintah. Bahkan, gedung baru ini digadang-gadang akan menjadi tempat pelayanan masyarakat yang jauh lebih nyaman. “Gedung ini untuk pelayanan masyarakat. Tapi, kalau fasilitasnya sudah rusak, ini yang menjadi pertanyaan besar kami dari komisi III,” ujarnya.

Untuk itu, tegas dia, Komisi III DPRD Kabupaten Bandung Barat akan melakukan evaluasi kepada seluruh proyek pembangunan di tahun 2016 terutama melakukan evaluasi saat proses lelang. Menurutnya, keberhasilan seluruh pembangunan akan dimulai dari proses lelang yang sesuai dengan aturan.

“Kalau ada proyek yang jelas-jelas baru selesai dan belum digunakan, tapi sudah rusak, itu menjadi pertanyaan kita soal proses lelang terdahulu,” ungkapnya. Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Bandung Barat Anugrah tidak menjawab. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …