Simpatisan Sambut Petahana dengan Cukur Gundul

pilkada serentak

pilkada serentak

 
POJOKBANDUNG.com, DENPASAR – Hampir dua juta publik Bali yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) kemarin (9/12) berbondong-bondong mendatangi bilik suara untuk menyalurkan hak politiknya. Meski tercatat jumlah DPT mencapai jutaan, namun tingkat partisipasi pemilih sungguh mengkhawatirkan.


Pantauan Bali Express (Grup JPNN.com) di seluruh kota/kabupaten, tingkat partisipasi pemilih sangat rendah. Contoh paling parah terjadi di Jembrana.

Dari total jumlah DPT mencapai 225,386 pemilih, partisipasi pemilih berdasar suara sah hanya sekitar 51.770 suara. Sementara angka golput menyentuh 173.616 suara alias 77 persen lebih dari total DPT.

Meski demikian, Pilkada Serentak yang digelar kemarin membawa angin segar bagi para petahana. Pasalnya, dari enam kabupaten/kota di Bali, empat petahana dipastikan kembali melenggang di tampuk kekuasaan (selengkapnya lihat grafis). Semisal di Denpasar. Petahana pasangan IB Dharmawijaya Mantara – IGN Jaya Negara (Dharmanegara) menang mutlak dengan menyapu bersih perolehan suara di empat kecamatan di Kota Denpasar.

Perolehan suara terbanyak kedua ditempati pasangan calon nomor urut tiga Made Arjaya – AA Ayu Rai Sunasri (AS) dan pasangan calon nomor urut dua Ketut Resmiyasa-IB Batuagung Antara (Resmiagung) di posisi ketiga.

Bahkan, untuk memantau perolehan suara tim sukses pasangan calon Dharmanegara memasang dua buah layar LED agar semua tim sukses dan simpatisan melihat langsung setiap menit perolehan suara di rumah incumbent Wali Kota Rai Mantra di Jalan Cok Agung Tresna. Hingga pukul 23.00 Wita tadi malam, pasangan Dharmanegara unggul 84 persen lebih.

Pasangan calon petahana ini menyapu bersih perolehan suara di empat Kecamatan di Kota Denpasar. Menariknya, Dharmanegara juga mengungguli perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS) 13 Blanjong, Sanur Kauh, Denpasar Selatan calon Wali Kota Denpasar I Made Arjaya memilih.

Kemenangan pasangan calon yang diusung PDIP dan Nasdem tersebut disambut dengan potong gundul simpatisan Dharmanegara di rumah IB Rai Mantra di Jalan Cok Agung Tresna.(bas/gin/don/agr/mus/fri/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds