Perhatian! Netizen, Polda Jabar Awasi Ketat Dunia Maya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Polisi perketat pengawasan netizen di dunia maya, hal tersebut dilakukan, lantaran trend penipuan dan pencemaran nama baik di dunia maya yang terus meningkat setiap tahunnya.


Berdasarkan data kepolisian daerah Jawa Barat (Polda Jabar) terkait penanganan kasus cyber crime, pada tahun 2013 total kejahatan cyber sebanyak 60 kasus, dan yang berhasil ditangani Polda Jabar sebanyak 18 kasus. Tahun 2014 total kejahatan cyber sebanyak 124 kasus, dan yang berhasil ditangani sebanyak 53 kasus. Sedang di tahun 2015 total kejahatan hingga bulan oktober sebanyak 116 kasus, dengan penanganan sebanyak 91 kasus.

“Meningkat, Data tiap tahun meningkat trendnya, mungkin karena orang mulai memahami bahwa dalam hal kasus ITE itu banyak juga,” kata Kanit IV subdit II Kompol Catur.

Menurut Catur, trend kejahatan cyber yang terus meningkat tersebut meliputi penipuan online, pencemaran nama baik, dan hacker. Dicontohkan, didalam dunia maya ini tak sedikit netizen melontarkan kata-kata kotor, mengejek, dan lainnya yang dinilai tak beretika dan tak berbudaya sebagai mestinya. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …