Netizen Harus Jaga Etika, Jika Tidak, Polda Jabar Akan..

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dengan adanya surat edaran Kapolri no SE/6/X/2015 tentang penanganan ujaran kebencian (hate xpeech) pada 8 oktober 2015 lalu, para netizen dihimbau untuk memegang teguh etika, moral dan budaya di dunia maya. Pasalnya jika tidak maka polisi akan melakukan tindakan tegas.


“Jadi menghendaki surat edaran Kapolri, Polres, Polsek dapat menangani hal tersebut, karena dasar hukumnya sudah jelas,” ujar Kanit IV subdit II Kompol Catur, Kamis (10/12/2015).

Dikatakan, Surat edaran tersebut menjadi pedoman sekaligus mengingatkan kepolisian bahwa aturan itu (hate speech) sudah ada.

“Aturan hukum pidana itu melindungi warga dan negaranya, itu diatur KUHP dan UU ITE, jadi jangan anggap penggunaan internet, dunia maya itu tanpa hukum. Itu di atur juga dalam dunia maya. Kapolri menghendaki warga jangan asal berucap dan bertindak,” jelasnya.

Pihak kepolisian memperketat pengawasan di dunia maya dengan harapan para netizen dapat mematuhi etika, moral dan budaya.

“Kami memantau hal itu. Jika orang itu tak ada pengharagaan terhadap orang tua, menggunakan ucapan kebun bintang, itu gak boleh!. Apa yang terjadi di dunia maya tak jauh dengan di dunia nyata. Etika, hukum, budaya, moral itu tetap berlaku,” terangnya.

Dengan adanya surat edaran tersebut, lanjutnya, pihak kepolisian memiliki kewajiban menangani keluhan pengaduan masyarakat khususnya di dunia maya. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …