Warga Gunakan Hak Pilih Menurun, Ini Harapan Cabup Bandung No 1 Sofyan Yahya

Cabup Bandung No 1 Sofyan Yahya bersama istri nyoblos di Margaasih. (mildan)

Cabup Bandung No 1 Sofyan Yahya bersama istri nyoblos di Margaasih. (mildan)

POJOKBANDUNG.com, MARGAASIH– Calon Bupati Bandung nomor urut 1, Sofyan Yahya mencoblos di TPS 3, Kampung Sindangpalay, Desa Rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Rabu (09/12).


Bersama seluruh anggota keluarganya, Sofyan mendatangi TPS sekitar pukul 08.00. Di TPS tersebut, terdapat 627 pemilih yang terdiri dari 384 pemilih laki-laki dan 324 pemilih perempuan.

Menurut Sofyan, antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya cenderung menurun, padahal di sisi lain anggaran yang dikeluarkan sangat besar.

“Untuk Kabupaten Bandung, terdapat sekitar 2,5 juta pemilih, yang menggunakan hak pilihnya paling besar itu 1,5 juta, bayangkan banyaknya angka golput. Bisa mengalahkan pasangan calon pemenang,” ujar Sofan.

Oleh sebab itu, Sofyan berharap untuk pemilihan Kepala daerah dikembalikan kepada peraturan lama.

“Lebih baik dikembalikan ke DPRD. Anggaran juga akan lebih ringan, kapan kita akan membangun, jika anggaran habis oleh pilkada,”ujarnya.

Rendahnya angka partisipasi, kata Sofyan dikarenakan beberapa faktor, seperti kejenuhan masyarakat terhadap sistem pemerintahan.

“Mereka menjadi apriori, makanya diberi libur juga tidak akan memilih. Pendidikan demokrasi di kita belum sampai menyeluruh, masyarakat masih banyak yang belum memahami, jadinya pemilihan kepala daerah secara langsung, belum siap diterima oleh masyarakat,”terangnya.

Sebab itu, Sofyan berharap untuk pemilihan Kepala daerah dikembalikan kepada peraturan lama.

“Lebih baik dikembalikan ke DPRD. Anggaran juga akan lebih ringan, kapan kita akan membangun, jika anggaran habis oleh pilkada,”ujarnya.

(mld)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …