Ridwan Kamil Imbau Warganya Kenakan Baju Hitam-Hitam Dua Hari

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–‎ Jadi tuan rumah peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI), Wali Kota Bandung Ridwan Kamil imbau warganya untuk mengunakan baju hitam-hitam.


“Selama dua hari (10-11 Desember,red) kami mengimbau warga Kota Bandung untuk mengunakan baju hitam-hitam,” ujar Ridwan Kamil, ‎Rabu (9/12).

Ridwan Kamil yang ditemui usai meninjau persiapan peringatan HAKI di Sabuga mengatakan, imbauan penggunaan baju hitam-hitam ini, untuk menghormati kondisi eksisting di Indonesia sekarang ini, yang masih ada praktik korupsi di dalamnya.

“Sehingga diharapkan, bisa menjadi penyemangat pemberantasan korupsi,” terang Ridwan Kamil.

Persiapan pembukaan Peringatan HAKI, yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo, Ridwan Kamil mengaku sudah 70 persen. ‎

“Alhamdulillah, setelah menjalani proses gladi resik dua kali, sudah sesuai dengan rencana Bapak Presiden” terngnya.‎

Selain Ridwan Kamil, turut meninjau persiapan acara tersebut ketua sementara KPK Taufiqurachman Ruki.

Ridwan Kamil menjelaskan, ada dua agenda yang akan dilaksanakan oleh Presiden RI Joko Widodo, pada Kamis (10/12) besok yang pertama pembukaan Hari Anti Korupsi Nasional kemudian belanjut pengecekan helikopter kepresidenan di PT DI.

Pada acara peringatan Anti Korupsi nanti akan diadakan teleconference antara Presiden RI di Sabuga dengan masyarakat yang di Alun-Alun Kota Bandung.”Bagi masyarakat Bandung yang ingin bergabung silakan bergabung di Alun-Alun pada pagi hari,” ujar Walikota Bandung.

Peringatan HAKI ini akan dimeriahkan 38 acara dari 17 komunitas. Dan ada sumbangan spanduk Anti Korupsi dari 3 ribuan kelas asal sekolah-sekolah se-Kota Bandung.

Pemkot Bandung juga telah mengarahkan masjid-masjid untuk memberikan ceramah bertema anti korupsi dalam perspektif agama islam. Tak hanya itu saja, sebanyak 151 kelurahan juga turut meramaikan Hari Anti Korupsi Internasional dengan kreativitas acaranya masing-masing.

“Jadi sebesar itulah kekuatan acara di Bandung plus supaya tidak hanya sebatas seremonial saja kita akan membentuk Forum Pemantau Zona Integritas,” ujar Ridwan Kamil.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Aos WA Bintang mengatakan, agar warga Kota Bandung menghindari jalan-jalan sekitar Sabuga, terutama selama acara pembukaan peringtn HAKI dilaksanakan.

“Untuk yang tidak berkepentingan, diharapkan menghindari ruas jalan sekitaran Sabuga, selama pembukaan HAKI,” terangnya.

Aos juga mengimbau, agar warga Kota Bandung mengibarkan bendera selama tujuh hari, terhitung sejak pembukaan HAKI dilakukan. (mur) ‎

Loading...

loading...

Feeds