Peringati Hari Juang Kartika, Kodam III/Siliwangi Siap Gelar Pameran Alutsista

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Ke-70 tahun 2015, Kodam III/Siliwangi akan menggelar pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (alutsista) yang bakal digelar selama empat hari mulai Minggu sampai Rabu (13 – 16 Desember 2015).

Untuk di Kota Bandung, rencananya pameran digelar di Area Parkir Trans Studi Mall (TSM) di Jalan Gatot Subroto. Berbagai kendaraan dan alat persenjataan dipamerkan untuk umum sehingga dapat dinikmati publik secara terbuka.

Menurut Kapendam III/Siliwangi Kolonel Arm Robertson Ismail, pameran alutsista ini untuk lebih mendekatkan jalinan TNI dengan rakyat. Selain itu, pameran dimaksudkan sebagai wujud tanggung jawab TNI AD kepada rakyat, sebab anggaran untuk membeli alutsista TNI AD diambil dari uang negara dan milik rakyat.

“Dengan pameran ini, masyarakat semakin merasa cinta dengan TNI. Masyarakat semakin memiliki kebanggaan terhadap TNI dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Robert di Mapendam III/Siliwangi, Rabu (8/12/15).

Pameran yang akan diadakan kali ini, bakal menjadi pameran alutsista pertama yang digelar di area parkir sebuah Mall, karena beberapa kali pameran serupa, sebelumnya selalu digelar di area lapang terbuka, seperti di Gasibu atau lapangan Kebonrumput Brigif 15 Kujang II di Cimahi.

Kapendam mengatakan, rencananya para pengunjung juga bisa menaiki kendaraan tank dan panser yang dipamerkan. Ini dimaksudkan sebagai bukti bahwa TNI ingin selalu dekat dengan rakyat.

Selain digelar di Kota Bandung, pameran alutsista digelar di Lapangan Pajajaran, Kota Bogor oleh Korem 061/Sk, di lapangan Kerkop Garut oleh Korem 062/TN, di Alun-alun Cirebon oleh Korem 063/SGJ dan di Alun-alun Cilegon Banten oleh Korem 064/MY.

Pengunjung dapat melihat dari dekat alutsista yang dimiliki TNI AD, juga dapat menambah ilmu pengetahuan seputar informasi militer umum, mulai dari ke pangkatan, satuan dan gungsinya. Selain itu, rencananya acara akan dimeriahkan dengan hiburan kesenian, dan pengenalan pakaian TNI AD dari masa ke masa. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds