Amankan Pilkada, Pemprov Jabar Sebar Bantuan Kendaraan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi bantuan kendaraan operasional kepada TNI dan Polri untuk pengamanan pemilihan kepala daerah serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi bantuan kendaraan operasional kepada TNI dan Polri untuk pengamanan pemilihan kepala daerah serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi bantuan kendaraan operasional kepada TNI dan Polri untuk pengamanan pemilihan kepala daerah serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang. Penyerahan ini langsung diberikan di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (4/12).


Heryawan mengatakan, pihaknya memberi bantuan kendaraan roda dua dan empat kepada Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar yang akan melakukan pengamanan pilkada serentak di delapan kabupaten/kota di Jabar. “Kendaraan ini untuk pengamanan pilkada, sehingga dapat memperlancar pergerakan,” kata Heryawan.

Selain itu, pemprov pun memberi bantuan kepada Kodam Jaya dan Polda Metrojaya berupa kendaraan roda dua untuk pengamanan di pilkada Depok. “Usai penyelenggaraan pilkada serentak, kendaraan ini bisa digunakan untuk keperluan lain,” katanya.

Sejauh ini, menurut Heryawan, proses tahapan pilkada serentak di Jabar berjalan baik. Meski sudah memasuki masa kampanye, kondisi masih aman dan kondusif.

“Memasuki masa kampanye, situasi masih aman dan enggak ada masalah,” tuturnya. Namun, Heryawan mengakui, terdapat gesekan-gesekan berupa kritik yang terjadi saat debat publik.

Akan tetapi, hal ini dianggap normal dan bagian dari proses pesta demokrasi. Kondisi tersebut diharapkan tidak menimbulkan perpecahan.

“Gesekan kecil mah biasa, namanya juga sedang berkompetisi. Karena semua ingin jadi pemenang,” paparnya.

Heryawan pun mengakui, pilkada serentak ini kurang meriah. Namun, hal ini cukup lumrah karena baru pertama kali digelar.

Heryawan pun tetap optimistis tingkat partisipasi pemilih akan tetap tinggi. “Partisipasi Jabar selalu lebih tinggi dari rata-rata tingkat partisipasi nasional,” katanya.

Kepala Biro Pengelolaan Barang Daerah Pemprov Jabar Muhammad Arifin mengatakan, pada tahun ini, pihaknya memberi sebanyak 650 unit kendaraan dengan rincian 600 unit roda dua dan 50 unit roda empat. Seluruh sepeda motor diberikan untuk Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, Polda Metrojaya, dan Kodam Jaya.

Adapun 12 kendaraan roda empat 5 di antaranya untuk Polda Jabar dan 7 unit untuk Kodam III/Siliwangi. Selain kepada TNI dan Polri, pemprov pun memberi kendaraan operasional berupa truk pengangkut sampah kepada koperasi pasar di Banjaran dan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Kendaraan ini diharapkan dapat membantu upaya menciptakan kebersihan di pasar tradisional. Tidak hanya itu, pemprov juga memberi tiga unit ambulance kepada PMI Jabar yang selanjutnya akan diberikan kepada PMI di kabupaten/kota. “Kami juga memberikan satu unit kendaraan operasional kepada asrama haji di Bekasi,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …