Untunglah…Dokter ‘Penyebar’ HIV Itu Dihukum 25 Tahun Penjara

Yem Chrin (tengah).

Yem Chrin (tengah).

POJOKBANDUNG.com, PHNOM PENH – Pengadilan di Kamboja menjatuhkan hukuman 25 tahun penjara kepada seorang dokter yang telah membuat 270 orang pasiennya terkena HIV AIDS. Sebagian di antara para korban itu telah meninggal.


Dirangkum dari Reuters, Kamis (3/12), dokter tersebut, Yem Chrin (56), disebut menggunakan kembali jarum bekas ketika merawat pasien di Battambang, daerah terpencil di Kamboja.

Pihak berwenang mendeteksi epidemi virus human immunodeficiency, virus yang menyebabkan AIDS, pada 9 Desember ketika mereka mulai menguji sebuah komunitas di Battambang. Mereka menemukan lebih dari 270 kasus. Salah seorang korban bahkan baru berusi 2 tahun dan rata-rata korban lainnya berusia 80-an.

“Pengadilan menemukan Yem Chrin bersalah, melakukan praktek tanpa lisensi, menyuntik orang dengan jarum suntik yang tersebar HIV dan menyiksa orang mati,” kata hakim pengadilan provinsi Yich Na Chheavy.

Yem Chrin sendiri mengaku rutin menggunakan kembali jarum suntik, tetapi membantah sengaja menyebarkan virus.

Kasus ini merupakan pukulan bagi upaya Kamboja memotong tingkat infeksi HIV, setelah virus menyebar hampir tak terkendali di negara miskin selama 1990-an. (adk/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …