Polisi, Mahasiswa dan LSM Simulasi Tanggap Bencana Banjir

 


POJOKBANDUNG.com, SUBANG-Puluhan personil kepolisian Subang, mahasiswa dan LSM menggelar simulasi tanggap bencana,terutama bencana banjir yang kerap melanda wilayah Pantai Utara (Pantura) Subang.

Simulasi yang melibatkan 55 orang peserta dari 25 Polsek, 15 orang dari STIE Miftahul Huda Pamanukan dan 15 orang personil LSM GMBI ini, dilakukan di arena rekreasi waterboom Bintang Fantasi Pamanukan.

“Simulasi ini untuk mengasah dan meguji kesiapan kami, terutama dalam penanganan bencana banjir, mengingat hampir setiap tahun di wilayah Kecamatan Pamanukan, Sukasari dan Legonkulon, dilanda banjir,” kata Kapolsek Pamanukan Kompol Sudjoko, Jumat (4/12).

Dalam simulasi ini, Polsek lebih fokus terhadap upaya pertolongan dan evakuasi warga yang terkena dampak banjir. Para peserta ini diharuskan tetap tanggap dan dan fokus dalam melakukan tugasnya.

“Kita harapkan melalui kegiatan simulasi ini, ketermapilannya terlatih dan mental para relawan ini lebih siap. Karena terjadinya bencana sulit untuk kita diprediksi, kapan pun bisa terjadi,” teranganya.

Materi latihan meliputi latihan manuver, latihan membalikkan perahu, latihan evakuasi korban banjir dan latihan evakuasi korban tenggelam.(anr)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …