Luncurkan Bus TMB Koridor III, Ini Alasan Pemkot Bandung…

TMB Koridor III

TMB Koridor III

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Seiring dinamika perkembangan kota,  kebutuhan sarana transportasi massal cenderung meningkat, baik untuk mengakomodasi pergerakan di dalam kota maupun penghubung antar kota. Konsekuensinya, penanganan transportasi harus terintegrasi dengan pemerintah daerah, provinsi dan pusat.


Itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial saat membuka peresmian operasional Bus Trans Metro Bandung (TMB) dan Bus Sekolah di Terminal Cicahem, Kota Bandung, Jumat (4/12/2015).

Oded menyampaikan, guna meminimalisir kemacetan di Kota Bandung dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik maka Pemkot Bandung mengembangkan jangkauan dengan menambah Bus TMB Koridor III dan Bus sekolah Koridor III jurusan Asia Afrika – Buahbatu dan koridor IV jurusan Cibiru-Cibeureum via Jalan Soekarno Hatta.

“Penambahan ini dalam rangka memperkuat fasilitas angkutan masal yang sudah ada agar bisa meningkatkan kelancaran arus orang dan barang sekaligus dalam rangka mendorong kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di Kota Bandung,” ujar Oded.

Oded menambahkan dengan rencana dibangunnya beberapa jalan layang di Kota Bandung juga mampu mengurai kemacetan di Kota Bandung.

Sementara, di tempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky EM Gustiadi mengatakan, pengoperasian bus sekolah juga bertujuan memberikan pelayanan kepada pelajar untuk mendapatkan sarana transportasi yang aman, nyaman, cepat dan murah alias gratis.

“Bus sekolah juga bisa berfungsi sebagai media edukasi ketertiban berlalu lintas dan keselamatan transportasi, penghargaan terhadap fasilitas publik dan media sosialisasi yang berkaitan dengan dunia remaja,” ujar Ricky.

Bus Sekolah Koridor III Cibiru-Asia Afrika akan dilayani oleh 16 unit Bus Medium bantuan Pemprov Jabar dengan operator pemenang lelang yakni PT Trans Metro Bandung.

Adapun rute yang dilalui untuk keberangkatan yakni Bundaran Cibiru, Jalan Sukarno Hatta, Jalan Buahbatu, Jalan Terusan Buah Batu, Jalan Karapitan, Simpang Lima, Asia Afrika.

Sedangkan untuk rute kepulangan yakni Jalan Asia Afrika, Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Inggit Ganarsih, Jalan M Ramdan, Jalan Lingkar Selatan, Jalan Martanegara, Jalan Maskumambang, Jalan Karawitan, Jalan Solontongan, Jalan Buah Batu, Jalan Sukarno Hatta, Cibiru.

Bus Sekolah Koridor IV Cibiru-Cibereum Via Sukarno Hatta yang digunakan 10 unit dengan operator pemenang lelang yaitu Perum Damri, dengan rute yang dilalui yaitu dari Bunderan Cibiru, Jalan Soekarno Hatta, Pal Tiga, Cijerah, Batas Kota, Jalan Rajawali hingga Jalan Elang.
(mur)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …