Bersama Anak Bangsa, IdBigData Luncurkan Local Distro

peserta kunjungi booth pada konferensi idBigdata

peserta kunjungi booth pada konferensi idBigdata

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Konferensi Big Data Indonesia 2015 yang digelar Komunitas isBigData pada 1-2 Desember 2015 mampu memberikan energi positif di dunia Big Data.


Bertujuan membangun kesadaran masyarakat Indonesia terhadap keberadaan, penggunaan dan pengolahan Big Data, kegiatan ini menghadirkan para pembicara yang sangat ahli dalam Big Data. Sebut saja Ilham Akbar Habibie selaku ketua Dewan TIK Nasional, Kalamullah Ramli selaku Dirjen PPI Kominfo, dan praktisi Big Data lainnya.

Konferensi Big Data Indonesia 2015 mengupas tuntas informasi mengenai Big Data yang selama ini masih menjadi pertanyaan dan isu di Indonesia dengan menampilkan seminar, round table discussion, serta booth yang mengadopsi teknologi Big Data.

Dalam kegiatan ini, Komunitas idBigData bersama Solusi247 meluncurkan Yava Hadoop, sebuah distribusi atau distro Hadoop kompilasi anak bangsa pertama, dan Braja, sebuah appliance Hadoop yaitu hardware yang terintegrasi dan terkonfigurasi dengan Yava Hadoop, Rabu (02/12).

Dengan lahirnya distribusi lokal ini para peminat big data, peneliti maupun praktisi bisnis dapat mengadopsi Hadoop dan ekosistem yang melengkapinya, dengan memperoleh support lokal yang tentunya lebih tersedia dan terjangkau. Hal ini diharapkan dapat mendorong penerapan dan pengembangan teknologi big data di dalam negeri. Dalam pengembangannya, Yava menggunakan operating system dari Universitas Gadjah Mada.

Kehadiran Yava Hadoop dan Braja, sangat diharapkan agar masyarakat Indonesia dapat menggunakan local distro buatan anak bangsa, dan akan ada karya-karya menggunakan Big Data baru yang tentunya lebih inovatif . Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia dapat mengelola data besar yang dimilikinya tanpa campur tangan pihak lain. Jika masyarakat Indonesia percaya dan menggunakan produk local buatan anak bangsa, maka tidak mustahil bila Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan mandiri. (*/nto)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …