DPRD Jabar Sahkan Raperda LKM, Ini Peluang UKM

dprd jabar

dprd jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– DPRD Jawa Barat telah mensahkan rancangan peraturan daerah mengenai penyertaan modal Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Perseroan Terbatas Lembaga Keuangan Mikro. Selain itu, legislatif pun telah mensahkan raperda perubahan bentuk perusahaan daerah bank perkreditan rakyat di empat kabupaten menjadi PT BPR.


Ketua Panitia Khusus IV, Sunatra, mengatakan, disahkannya kedua raperda menjadi perda, diharapkan BUMD tersebut bisa maksimal dalam memberikan kontribusi pada perkembangan ekonomi di daerah khususnya untuk pelaku usaha kecil. Pelaku UKM daerah agar diberikan kemudahan dalam memperoleh akses perbankan.

Sunatra menuturkan, pengesahan tersebut telah melalui mekanisme pembahasan dan pengkajian yang tepat. Pihaknya telah melakukan sejumlah kunjungan daerah yang memiliki lembaga keuangan itu, seperti Kabupaten Bekasi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Karawang.

Untuk Perda PT LKM, saat ini terdapat 41 perusahaan daerah perkreditan kecamatan yang keberadaannya tersebar di Jabar bahkan Banten. Sebelum dilakukan merger, jumlahnya mencapai 82.

Untuk mengoptimalkan manajemen perusahaan daerah sesuai dengan aturan perda yang telah ditetapkan, perlu didukung penyertaan modal paling sedikit 25 persen yang harus disetor penuh dengan komposisi kepemilikan saham paling sedikit 60 persen oleh pemerintahan kabupaten dan 40 persen Pemprov Jabar.

“Penyertaan modal ini ditetapkan dengan jangka waktu lima tahun sejak izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …