NGERI! Kebun Binatang Kebanjiran, Hewan Buas Lepas dari Kandang, Nih Fotonya

POJOKBANDUNG.com, SIANTAR – Hujan yang melanda Kota Siantar juga membuat Taman Hewan Pematangsiantar (THPS) tergenang banjir.  Dampaknya ngeri, beberapa hewan buas, seperti buaya dan kuda nil  keluar dari kandangnya. Ini terjadi sekira pukul 19.00 WIB, kemarin .


Informasi ini seketika beredar dengan cepat. Tak hanya disebarkan oleh pihak THPS maupun kepolisian, namun sejumlah masyarakat juga menyebarkan informasi tentang lepasnya buaya tersebut melalui pesan singkat (SMS) maupun broadcast di BlackBerry Massenger (BBM). Hal ini membuat warga ketakutan, khususnya yang tinggal di sekitar taman hewan.

Dan, sekitar dua jam pascakejadian tersebut, air yang memporakporandakan sejumlah kandang hewan di THPS mulai surut. Pihak THPS, kepolisian, Brimob, TNI dan Pemko Siantar kemudian bergerak mencari keberadaan hewan-hewan tersebut. Pencarian dikhususkan pada buaya dan kuda nil yang diketahui keluar dari kandang.

Terlebih dahulu mereka menemukan kuda nil. Dalam penangkapan itu, mereka sempat mengalami kesulitan sebab kuda nil tersebut memberikan perlawanan. Begitupun, pihak THPS yang memiliki penjinak dari hewan-hewan tersebut berhasil menenangkannya.

Kemudian, mereka juga menemukan satu per satu buaya tersebut. Bahkan, seekor buaya ditemukan telah berada di luar area THPS, tepatnya di belakang GKPS Jalan Sudirman.

“Untuk hewan buas semua sudah aman. Ada 8 ekor buaya dan dua ekor kuda yang lepas dari kandang, tapi sudah kita tangkap semua,” jelas Manager Umum THPS Nandang Suaidah.

Nandang awalnya tidak dapat memastikan berapa hewan buas yang keluar karena saat itu curah hujan masih cukup tinggi. Namun pad akhirnya pihaknya mengetahui adanya binatang buas yang keluar karena tak senagaja terlihatnya melintas tak jauh dari ruang kerjanya. Saat air surut, mereka mengecek jumlah hewan yang lepas tersebut, dimana ada 8 ekor buaya yang lepas dari 18 ekor buaya dan dua ekor kuda nil.

“Bahkan tadi ada juga satu yang ditangkap di luar, tepat di belakang GKPS Sudirman. Syukurlah, atas kerja sama dengan kepolisian, Brimob, TNI dan Pemko, akhirnya kita berhasil menangkap semua hewan buas. Tidak ada yang terluka dalam pencarian,” terangnya.

Atas hal tersebut, Nandang terlebih dahulu mengucapkan terimakasih pada TNI dan Polri yang telah membantu petugas mereka untuk mengamankan binatang-binatang buas tersebut.

“Selama 79 tahun, baru kali ini kejadian seperti ini,” kata Nandang.

Nandang juga mengaku, selain hewan buas tersebut, ratusan hewan lainnya juga saat ini belum diketahui keberadaannya, seperti hewan yang cukup berharga, yakni burung unta yang sampai saat ini belum terlihat juga.

“Tapi, kami lebih dahulu melakukan prioritas, yaitu keselamatan warga. Makanya kita fokuskan (mencari) binatang buas. Kerugian belum bisa ditaksir. Tapi kerugian atau apa pun itu, pasti ada jalan keluar. Sekarang kami sudah merasa agak tenang dengan tertangkapnya semua hewan buas tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, untuk kandang singa, macan dan harimau, tidak terganggu atas kejadian ini karena posisi kandang binatang buas itu berada di posisi cukup tinggi dan tidak terkena banjir.

Sementara itu, dokter hewan THPS dr Melisa menjelaskan, jumlah keseluruhan hewan di THPS ada sebanyak lebih kurang 1.100 ekor dengan 238 species. (pam/TH/aha/ara/sam/jpnn)

 

Loading...

loading...

Feeds

Warga Desa Batulawang Belum Direlokasi

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Pemerintah Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur segera merealisasikan rencana terbaik yang telah dikomunikasikan …

Pangdam Pimpin Serah Terima Jabatan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam mewariskan nilai-nilai Siliwangi sekaligus mengestafetkan misi tugas dalam membangun kebesaran dan kejayaannya, Kodam III/Siliwangi menggelar acara …

Ajak Perempuan Keluar Zona Nyaman

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Perempuan di Kabupaten Bandung Barat harus memiliki integritas, tangguh dan mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pasalnya, kesan …

Harus Aktifkan Koperasi di Sumedang

 POJOKBANDUNG.com, KOTA – Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2021-2025 diharapkan mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi …

Belum Bisa Layani Semua Kecamatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran kota Cimahi mengaku masih kewalahan untuk dapat melayani …

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …