Idiih..Gubernur Jabar Serius Banget, Mau Bikin Apa?

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher) kumpulkan delapan kepala daerah. Pemanggilan ini sangat mendesak, karena orang nomor satu di Jabar ini ingin megaproyek pembangunan kereta cepat ini tak mengecewakan pemerintah daerah.


Bupati Bekasi, Walikota Bekasi, Bupati Karawang, Bupati Purwakarta, Bupati Bandung Barat, Bupati Kabupaten Bandung, Walikota Cimahi, dan Walikota Bandung. Para kepala daerah ini mendapat penjelasan langsung dari pimpinan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), yang merupakan perusahaan gabungan dari empat BUMN Indonesia dan Konsorsium China, sebagai pengembang kereta tersebut.

“Rekomendasi izin trase khususnya kesesuaian dengan tata ruang harus kita akselerasi, baik pada tataran provinsi maupun kabupaten/kota. Sebab, 90 persen kereta cepat ini ada di Jawa Barat,” ungkap Aher dalam rakor bersama para kepala daerah terkait megaproyek tersebut, di Gedung Sate, Bandung, Rabu (2/12/2015).

Aher tak ingin pembangunan kereta cepat itu mengecewakan pemerintah daerah. Apalagi pembangunannya terintegrasi dengan pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Jawa Barat, terutama di sepanjang koridor Jakarta-Bandung.

“Kereta cepat akan mempercepat pemindahan pusat Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat, yang diikuti kampus ITB di Walini (KBB),” katanya.

Dengan proyek ini, lanjut dia, pemerintah juga akan mendorong pertumbuhan industri manufaktur di Karawang sebagai pusat industri dan pengembangan kota di Gedebage, Bandung. Gedebage ini, kelak akan menjadi pusat Pemerintahan Kota Bandung.

“Semakin cepat diselesaikan, akan semakin cepat juga pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Jawa Barat. Itu tentu akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Aher. (apt/rmo)

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …