BBPOM Jabar Sikat Empat Pemilik Kosmetika dan Obat Ilegal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Empat orang pelaku yang diduga pemilik kosmetika ilegal dan obat tradisional berhasil dibekuk dalam operasi gabungan nasional, yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan Korwas PPNS Polda Jabar.


Sejumlah pemilik kosmetika ilegal dan obat – obat tradisional yang diduga menggunakan bahan kimia berbahaya tersebut dibekuk dari beberapa lokasi di Jawa Barat.

“Ada 4 orang pelaku yaitu CH (40), yang kita  tangkap di Karawang, OT (50) di Cirebon, LD (40) di Tasik dan MS (40) di Cirebon, mereka ditangkap di lokasi yang berbeda seperti di tempat penjualan, di lokasi produksian,” ungkap Abdul Rahim, selaku Kepala BBPOM Bandung, kepada wartawan di Kantor BBPOM, Jalan Pasteur Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/12/2015).

Abdul menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan barang bukti yang diamankan bernilai Rp 1,5 miliar lebih.

“Jangan dilihat dari nilainya tapi dampak dari pemakaian produk – produk tersebut, dapat merugikan kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya menurut Abdul, pada tahun 2015 ini sudah lebih dari 20 kasus yang telah diajukan ke pengadilan.

” Ada 23 kasus mulai dari masalah makanan, kosmetika dan obat tradisional yang telah kami ajukan ke muka hukum, dan beberapa sudah ada yang dijebloskan ke penjara,” bebernya.

Dirinya menuturkan, para pelaku tersebut biasa menjual produk kosmetik ilegal dan obat – obatan tradisional di pasar.

“Kalau di toko – toko besar tidak mungkin karena mudah terpantau oleh kami dan pihak kepolisian,” tuturnya.

Atas perbuatannya keempat pelaku tersebut diganjar pasal 197 Jo Pasal 106 ayat (1), mengenai kesehatan dan pidana maksimal 10 tahun dan denda paling banyak satu miliar rupiah. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …