Wouw..Delapan Kecamatan di Kab. Bandung Punya Truk Sampah Sendiri

Delapan truk sampah terparkir di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung.

Delapan truk sampah terparkir di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Pemerintah Kabupaten Bandung mendapatkan delapan truk sampah dari anggaran pemerintah provinsi Jawa Barat, melalui program ecovilage Citarum bestari.


Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Bandung, Erwin Rinadi mengatakan, delapan truk sampah Bantuan Gubernur Provinsi Jawa Barat tersebut disebar ke delapan kecamatan masuk dalam program ecovilage Citarum besatari.

Delapan Kecamatan yang mendapat bantuan truk sampah tersebut adalah  Bojongsoang, Pacet, Kertasari, Majalaya, dan Pangalengan. Seluruh kecamatan yang dilewati aliran sungai Citarum ini, sebelumnya telah memiliki kelompok-kelompok masyarakat yang tergabung dalam pokmas ecovillage.

“Jadi di kecamatan ini sudah ada pembinaan kepada kelompok masyarakat untuk pengolahan sampah. Di samping armada juga ada mesin-mesin nantinya untuk pengolahan. Terus-menerus,” tutur Erwin Senin (30/11).

Karena bantuanna kepada Kecamatan, maka pengelolaannya juga akan dilakukan oleh Kecamatan setempat, begitupun dengan petugas oprasionalnya.

“Memang ada pembagian tugas untuk area-area yang masuk ke dalam program ecovillage ini,” katanya.

Kendati mendapat bantuan truk sampah, lanjut Erwin bukan berarti menyelesaikan seluruh permasalahan sampah di Kabupaten Bandung. Pasalnya, Masyarakat masih terus menghasilkan sampah.

Saat ini, jumlah truk sampah di Kabupaten Bandung sebanyak 72 unit. Jumlah ini tergolong masih sedikit. Kata Erwin, masih kurang sekitar 140 unit truk untuk pengangkutan sampah di kabupaten tersebut.

Delapan truk yang diterima dari pemprov itu per unitnya seharga sekitar Rp 300 juta. Sedangkan, harga per unit untuk truk yang menggunakan APBD Kabupaten Bandung sebesar Rp 520 juta. Dua unit truk ini bermodel konvektor sehingga secara otomatis akan memadatkan sampah yang ditampung di bak truk. Kapasitas semua truk tersebut masing-masingnya delapan kubik.

Sekretaris Daerah Pemkab Bandung Sofian Nataprawira menuturkan, pihaknya melalui delapan unit truk ini tentu akan membuat penataan sampah di Kabupaten Bandung lebih baik lagi.

“Kami ingin lebih bagus lagi lah penataan sampah di Kabupaten Bandung,” ujar dia.  (mld)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …