Waduuh! Metal Detector Tak Berguna, Bom Cair Sulit Terdeteksi

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Kapolres Bogor Kota AKPB Andi Herindra Rahmawan mengimbau masyarakat pemilik pusat perbelanjaan, gedung perkantoran dan hotel untuk waspada terhadap jenis bom baru yang tidak terdeteksi oleh metal detector. Menurutnya, bom unik tersebut sulit terdeteksi karena berbentuk cair.


“Bahannya dari kutek, cat kuku. Bom cair ini baunya pekat karena kimia. Langkah pencegahan, lakukan prosedur buka bagasi dan pintu mobil tamu yang masuk hotel atau mal. Jika perlu, periksa benda lain kalau curiga. Security mal dan hotel, harus berani melakukan ini,” kata AKBP Andi dalam acara penguatan Kamtibmas jelang perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2016 di Hotel Ririn, Jalan Ciburial Indah, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (28/11)

Dia pun mengingatkan para pemilik tempat usaha untuk sangat berhati-hati jika menemukan bom cair ini. Karena jika terkena serpihan bom cair, korban akan mati secara perlahan-lahan.

“Saya minta, kalau temukan benda mencurigakan, lapor polisi secepatnya. Evakuasi pengunjung juga secara teratur sebelum tim Jihandak tiba. Kalau kita bersatu, ancaman bisa dicegah,” ujarnya.

Menurut mantan Kapolres Kepulauan Seribu-Polda Metro Jaya itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menyediakan alat pendeteksi bagi hotel dan mall yang belum memilikinya. AKBP Andi juga menyampaikan bahwa anak buahnya saat ini sudah melakukan pemetaan dan pengawasan ketat terhadap toko-toko bahan kimia di Kota Bogor untuk menceghah produksi bom cair oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. (ded/dil/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds