Underpass Cibiru Urai Kemacetan di Bandung Timur, Ini Desainnya

under pass ilustrasi

under pass ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa baru-baru ini bertemu Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Alam Rizal Ramli, di Jakarta.
Pertemuan antara menteri di era Presiden Jokowi dengan dua pejabat daerah di Jabar itu, untuk membahas lima proyek pembangunan jalan yang akan menggunakan APBN.


Salah satunya proyek pembangunan terowongan underpass di bundaran Cibiru, kawasan Bandung Timur. Pembuatan underpass ini, menurut Ridwan Kamil demi mengatasi kemacetan di kawasan Bandung Timur tersebut.

Ridwan Kamil pun berharap, proyek pembangunan underpass yang pengerjaannya akan dimulai tahun depan, berjalan lancar.
“Doakan lancar, Insya Allah dimulai tahun depan,” tulis Ridwan Kamil di akun fb-nya.

Selain underpass bucnaran Cibiru, menurut Ridwan Kamil ada beberapa proyek lainnya yang akan dibangun 2016 nanti. “Ada beberapa proyek infrastruktur besar, yang pertama BIUTR (Bandung Intra Urban Tol Road) Pasteur-Cileunyi akan dipercepat tahun depan,” ujar Ridwan Kamil.

Namun demikian, Ridwan Kamil mengakui, ada kendala birokrasi dalam proyek pembangunan BIUTR. Sebab itu, dia meminta bantuan Rizal Ramli.

“Jalur dari arah Gasibu sampai Ujung Berung ada tanah milik 18 Kementrian. Susah untuk birokrasinya. Makanya kemarin minta bantuan menteri Rizal Ramli. Kita pemerintah daerah susah ngetok pintu satu-satu, kecuali perintah menteri,” aku Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, proyek lainnya yang akan dibangun tahun depan adalah fly over Jalan Jakarta, Antapani. Pembangunan fly over itu untuk mengatasi kemacetan di jalur tersebut.

“Itu jalur sangat padat, ribuan mobil lewat tapi mulutnya cuma di situ,” tuturnya.

Fly over lainnya juga akan dibangun di Jalan Soekarno-Hatta. Masing-masing di Kopo dan Buahbatu. Proyek jalan terakhir adalah underpass Cibiru. Desainnya, lanjut Ridwan Kamil, sudah masuk bersamaan dengan desain gerbang pintu kota.

“Desainnya underpass supaya Bundaran Cibiru bisa didesain gerbang. Jadi orang dari priangan timur bisa melihat bundaran istimewa seperti bundaran HI di Jakarta. Akhir tahun 2016-2017 titik kemacetan di Kota Bandung berkurang,” pungkas Ridwan Kamil.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …