Simpel BJB Targetkan Dua Juta Siswa

logo bjb

logo bjb

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Manajemen pengelolaan keuangan harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Ini penting agar mereka terlatih dalam perencanaan keuangan.
Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meresmikan aktivasi tabungan simpanan pelajar (simpel) Bank BJB, di Gedung Sate, Bandung, Jumat (27/11). Acara ini dihadiri juga Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Ilya Avianti, serta Direktur Utama BJB Ahmad Irfan.

Pada acara yang dihadiri ratusan siswa itu, Heryawan mengingatkan akan pentingnya perencanaan keuangan pada anak-anak, salah satunya dengan menabung di bank. “Menabung harus jadi kebiasaan, bahkan kewajiban. Kita enggak pernah tahu apa yang terjadi ke depan,” kata Heryawan.

Terlebih, kata Heryawan, sebagai generasi penerus, pengelolaan keuangan negara di masa akan datang berada di tangan mereka. “Nanti mereka yang akan mengelola keuangan. Uang migas, pertambangan. Jadi anak-anak harus disiapkan, karena nanti mereka yang mengendalikan, mendistribusikan, dan mengelola uang,” paparnya.

Oleh karena itu, Heryawan meminta Bank BJB sebagai BUMD milik Pemprov Jabar agar terus mengembangkan produk simpel yang baru diaktivasi ini. Terlebih, jumlah siswa di Jabar yang sangat banyak akan menentukan keberhasilan simpel yang merupakan program pemerintah pusat ini. “Kalau digabungkan, pelajar di Jabar jumlahnya sembilan juta lebih. Simpel harus paling berhasil di Jabar,” katanya.

Heryawan menambahkan, keberhasilan dalam memasarkan simpel ini pun akan membantu likuiditas Bank BJB. Sehingga, bukan tidak mungkin berbagai proyek infrastruktur strategis di Jabar bisa dibiayai melalui pinjaman BIJB.

“Ada dua juta siswa yang menabung di BJB, dikali rata-rata 1 juta (rupiah), maka akan ada 2 triliun (rupiah). Proyek seperti Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati), beres dari BJB,” katanya.

Anggota Dewan Komisioner OJK Ilya Avianti mengatakan, program tabungan simpel ini sangat baik untuk merangsang anak-anak agar gemar menabung di bank. Sehingga, proses untuk membuka rekeningnya pun akan dipermudah.
Selain itu, kata Ilya, dengan mengajak menabung di bank, akan menghindari anak dari pola hidup konsumtif. “Tantangan menabung bagi anak kecil yakni barang-barang konsumsi di lingkungan kita. Anak-anak lebih senang membelanjakan uangnya,” kata Ilya.

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, Bank BJB diharapkan menjadi salah satu bagian untuk memberikan pendidikan perbankan kepada para siswa. “Bank BJB turut berpartisipasi aktif mendukung penuh program membangkitkan budaya menabung sejak dini kepada pelajar,” katanya.

Dia mengatakan, sejak diluncurkan pada 8 September 2015 lalu, Bank BJB telah bekerjasama dengan 273 sekolah di Jabar, Banten, dan Jakarta. Saat ini tercata 54.429 siswa yang memiliki tabungan simpel Bank BJB.

“Kami terus memberikan stimulan kepada para pelajar untuk gemar menabung,” katanya. Bank BJB sendiri, kata dia, menargetkan dua juta rekening dalam dua tahun ke depan. “Kita akan tingkatkan kerjasama dengan sekolah-sekolah dan lakukan sosialisasi serta edukasi,” katanya. Menurutnya, produk simpel Bank BJB menyesuaikan dengan siswa sehingga setoran awalnya ringan, gratis biaya administrasi bulanan, serta gratis biaya penggantian buku tabungan.

“Kita juga ada reward kepada sekolah dengan jumlah rekening terbanyak atau kepada pelajar yang rajin menabung. Jadi kita optimis program ini berjalan baik,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …