Waduh..16 Ribu E-KTP Warga KBB Numpuk di Disdukcasip

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH- Setelah disahkannya UU baru Nomor 24 Tahun 2013 mengenai peraturan mengenai pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang bisa dicetak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) kabupaten/kota seluruh Indonesia menggantikan UU sebelumnya, sejumlah pekerjaan untuk mencetak e-KTP di Disdukcasip semakin menumpuk.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung Barat Wahyu Diguna menuturkan, Tercatat ada 16 ribu e-KTP di Disdukcasip yang harus dicetak dari pelimpahan pemerintah pusat. Sebelum lahir UU baru tersebut awalnya pencetakan dilakukan di pemerintah pusat. 

 
“Setelah lahirnya UU baru tersebut yang disyahkan dan mulai efektif di awal tahun 2015 ini, penumpukan e-KTP sisa dari pemerintah pusat dilimpahkan kepada kami. Sehingga ada sekitar 16 ribu e-KTP yang harus diselesaikan,” tutur Wahyu Diguna kepada sejumlah wartawan di Ngamprah, Rabu (25/11).

Menurutnya, Disdukcasip sampai saat ini terus mencetak 16 ribu e-KTP yang merupakan pelimpahan dari pemerintah pusat secara bertahap oleh para petugas Disdukcasip. Ia menargetkan, hingga akhir Desember 2015 nanti bisa tuntas sehingga masyarakat dapat secepatnya memiliki e-KTP. 

 
“Sekarang ini  merupakan tanggung jawab kami pemerintah daerah untuk mencetak pelimpahan e-KTP dari pusat tersebut. Sejak Senin (23/11) lalu pencetakan sudah dimulai,” katanya.

Wahyu menambahkan, pihaknya tidak hanya bertugas untuk menyelesaikan 16 ribu e-KTP saja, melainkan masih banyak pencetakan e-KTP yang ada di beberapa kecamatan di seluruh Kabupaten Bandung Barat. “Selain sisa dari pelimpahan pemerintah pusat, pekerjaan lainnya ada di masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan jumlah sisa e-KTP yang mencapai ribuan ini tidak lagi terjadi gangguan jaringan server yang dapat menganggu pekerjaan petugas di lapangan seperti beberapa waktu lalu. Selain itu, dengan fasilitas 5 mesin cetak yang dimiliki Disdukcasip, dirinya akan mencoba untuk menargetkan pencetakan lebih cepat. 

 
“Untuk satu mesin dioptimalkan bisa mencetak 200 e-KTP. Kita inginkan tidak ada gangguan lagi pada server sehingga bisa selesai sesuai dengan target,” ujarnya seraya menyebutkan saat ini Disdukcasip sudah kekurangan tinta untuk mencetak.

Lanjutnya mengatakan dia, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembuatan e-KTP ataupun pembuatan surat pindah dan pembuatan kartu keluarga (KK).

Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, lanjut dia, selain melayani di Kantor Disdukcasip, pihaknya juga menggencarkan pelayanan melalui kendaraan keliling untuk layanan administrasi kependudukan. 

 
“Kendaraan keliling ini menjangkau ke pelosok wilayah. Agar masyarakat yang berada di pelosok tidak jauh untuk datang ke Kantor Pemkab Bandung Barat,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …