Juventus, PSG dan Atletico Lolos, Duo Manchester Tertunda

juve


POJOKBANDUNG.com–Tiga tim Liga Champions dari negara berbeda memastikan lolos ke babak 16 besar setelah menang meyakinkan atas lawan-lawannya, kamis (26/11/2015) dinihi hari tadi. Juventus menang tipis atas Manchester City 1-0, Atletico Madrid menggilas Galasaray 2-0 dan Paris Saint Germain (PSG) pesta gol atas FF Malmo 5-0. Sedangkan duo Manchester yakni Manchester United (MU) dan Manchester City (Man City) kelolosannya tertunda. MU ditahan imbang oleh PSV Eindhoven dan Man City kalah 0-1 atas Juventus.

Laga seru tersaji di Juventus Stadium Kota Turin Italia saat Juve menjamu Man City. Kedua tim sama-sama bermain cepat dan gigih melakukan pressing ke lawan. Meski tampil tandang, sejak awal City mengambil inisiatif dan lebih banyak menguasai bola seiring pertandingan berjalan. Juve di lain sisi, tak membiarkan City leluasa menggulirkan bola dan senantiasa melakukan tekanan. City tercatat lebih unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 57%. Tapi Juve yang lebih banyak mengancam gawang, dengan lima tembakan tepat sasaran dari 12 percobaan.

Sementara City punya dua tembakan on target dari 13 upaya. Satu hal yang menjadi kelemahan anak asuh Manuel Pellegrini di laga ini adalah penyelesaian akhir yang kurang trengginas, sehingga beberapa peluang mereka terbuang sia-sia.

Gol Mandzukic tercipta di menit ke-18, melalui skema umpan silang. Alex Sandro melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti dan disambut sontekan Mandzukic dari jarak dekat.

Kemenangan ini memastikan Juve lolos, sekaligus naik ke posisi pertama klasemen Grup D dengan nilai 11 dari lima laga. City harus turun ke urutan dua dengan sembilan poin. Keduanya sudah dipastikan lolos, tapi posisi mereka masih bisa berubah mengingat masih ada satu laga tersisa.

Sedangkan di Group C dua Gol Griezmann loloskan Atletico ke babak 16 Besar. Duel yang berlangsung di Vicente Calderon, Kamis dinihari, Atletico mendominasi laga dengan penguasaan bola 59 persen. Tuan rumah juga tampil agresif. Mereka tercatat melepaskan 24 tembakan, 11 di antaranya mengarah ke gawang.

Fernando Muslera yang mengawal gawang Galatasaray harus bekerja keras untuk mencegah lebih banyak gol bersarang. Tercatat ada sembilan penyelamatan yang dilakukan oleh kiper Uruguay itu sepanjang laga.

Galatasaray mengancam lebih dulu di menit ke-11. Wesley Sneijder yang mendapat bola di kotak penalti kemudian melepaskan tembakan ke arah pojok kanan gawang. Tapi upaya Sneijder masih melebar tipis dari sasaran.

Dua menit berselang, Atletico membuka keunggulan. Umpan Gabi dari sisi kanan disambut sundulan oleh Antoine Griezmann untuk menjebol gawang Fernando Muslera.

Tekanan yang dilancarkan Atletico membuat Galatasaray kesulitan mengembangkan permainan. Di sisa waktu babak pertama,

Dominasi Atletico berlanjut di babak kedua. Tiga menit usai restart, tendangan Koke yang mengarah ke pojok atas gawang nyaris menambah keunggulan Atletico. Tapi Muslera masih ada dalam posisi yang bagus untuk menghalau bola.

Atletico kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-65. Kombinasi Gabi dan Griezmann kembali menghadirkan gol untuk Los Colchoneros. Gabi yang mendapat bola di dalam kotak penalti melepaskan umpan ke depan gawang yang langsung disambut oleh Griezmann dari jarak dekat.

Unggul dua gol tak membuat Atletico mengendurkan serangan. Akan tetapi, upaya mereka untuk menambah gol lewat Fernando Torres maupun Luciano Vietto tak membuahkan hasil. Skor 2-0 untuk Atletico bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Tiga poin dari laga ini mengantar Atletico lolos ke babak 16 besar. Mereka mengumpulkan 10 poin dari lima pertandingan. Di matchday terakhir, Atletico akan saling bunuh dengan Benfica yang juga punya jumlah poin 10 untuk memperebutkan posisi juara Grup C.

PSG Pesta Gol
PSG juga merebut tiket ke babak 16 besar lewat kemenangan telak atas Malmo. Tim berjulukan Les Parisiens menang lima gol tanpa balas untuk memastikan satu tempat di fase knock-out. Pertandingan yang berlangsung di Swedbank Stadium, PSG unggul dalam segala aspek atas tuan rumah Malmo. PSG mencatat penguasaan bola sebesar 63%. PSG juga tercatat melepaskan 11 tembakan dengan enam di antaranya berstatus on target.

PSG sudah membuka keunggulan lewat serangan pertama mereka di menit ketiga. Gregory van der Wiel yang mendapat ruang di sisi kanan melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Adrien Rabiot meneruskannya dengan sundulan untuk menjebol gawang Malmo.

Pertandingan berjalan belum sampai 15 menit, PSG sudah mencetak gol keduanya. Dari sisi kiri, Blaise Matuidi mengirim bola ke kotak penalti yang langsung disambut tendangan Angel Di Maria. Johan Wiland yang mati langkah hanya bisa melihat bola bergulir ke dalam gawanya.

Malmo punya peluang untuk menipiskan ketertinggalan di menit ke-23. Jo Inge Berget yang melakukan kerja sama satu-dua dengan Markus Rosenberg kemudian menyelesaikannya dengan tembakan. Tapi Kevin Trapp masih bisa menepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Malmo.

Lima menit berselang, PSG mendapat peluang emas untuk mencetak gol ketiganya. Namun Edinson Cavani gagal memaksimalkan umpan terobosan dari Zlatan Ibrahimovic. Tendangannya masih mengenai tiang gawang.

Di menit ke-37, Ibrahimovic hampir mencetak gol ke gawang bekas klubnya. Tapi tendangannya di depan kotak penalti masih bisa dihalau oleh Wiland.

Ibrahimovic akhirnya benar-benar menjebol gawang mantan klubnya itu lima menit setelah laga babak kedua dimulai. Bergerak dari sisi kiri, Ibrahimovic kemudian masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh. Meski sempat mengenai tangan Wiland, bola tetap masuk ke dalam gawang.

Malmo mendapat hadiah penalti di menit ke-61 setelah Maxwell melakukan pelanggaran kepada Nikola Djurdjic. Tapi tuan rumah tak mampu memaksimalkan peluang emas tersebut untuk menipiskan ketertinggalan. Tendangan Rosenberg hanya mengenai tiang gawang.

Tujuh menit kemudian, PSG memperbesar keunggulannya menjadi 4-0. Di Maria sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor setelah menyelesaikan umpan Maxwell dengan sebuah sundulan.

Di menit ke-82, Lucas Moura melengkapi kemenangan PSG menjadi 5-0. Tendangan bebasnya meluncur melewati pagar betis pemain Malmo dan mengarah ke pojok gawang.

Tambahan tiga poin dari laga ini memastikan langkah PSG ke babak 16 besar mendampingi Real Madrid. Tim arahan Laurent Blanc itu menempati posisi kedua di klasemen Grup A dengan 10 poin dari lima laga, terpaut tiga angka dari Madrid yang memuncaki klasemen.
MU Diimbangi PSV Tanpa Gol

Sementara Manchester United (MU) gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang mereka miliki di laga melawan PSV Eindhoven. Hasil imbang 0-0 pun tidak dapat dihindari. Dengan demikian, MU masih harus menunggu sampai laga matchday terakhir untuk bisa mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar. Pada laga terakhir Grup B, mereka akan menghadapi tuan rumah VfL Wolfsburg. MU kini berada di posisi kedua dengan koleksi nilai 8. Sedangkan PSV berada di posisi ketiga dengan nilai 7.

Gladbach Tekuk Sevilla 4-2

Tim asal Jerman Borussia Moenchengladbach juga memetik kemenangan besar 4-2 kala menjamu Sevilla. Meski sudah gagal ke fase gugur, kemenangan ini membuka jalan Gladbach ke Liga Europa.

Menjamu Sevilla di Borussia-Park, Kamis (26/11/2015) dinihari WIB, Gladbach tampil agresif dengan mencatatkan 27 tembakan di mana 13 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Sevilla punya 16 upaya dengan tujuh tepat sasaran.

Soal penguasaan bola, keduanya tercatat relatif seimbang dengan perbandingan 49%-51% untuk sedikit keunggulan Sevilla.

Gladbach memetik keunggulan di menit ke-29 lewat Lars Stindl dan skor 1-0 bertahan sampai paruh pertama usai. Fabian Johnson dan Raffael lantas memperbesar keunggulan mereka di menit ke-68 dan 78.

Sevilla sempat membalas di menit ke-82 melalui Vitolo. Tapi cuma selang semenit, Stindl mencetak gol kedua dan kembali melebarkan kedudukan. Skor kembali berubah di menit-menit akhir setelah Ever Banega sukses mengeksekusi penalti.

Hasil ini mengantarkan Gladbach naik ke posisi tiga Grup D dengan nilai lima dari lima laga, unggul dua poin dari Sevilla. Keduanya sudah dipastikan tersingkir dari Liga Champion. Meski demikian, Gladbach dan Sevilla masih akan terlibat pertarungan memperebutkan tiket Liga Europa di laga terakhir fase grup.(jp/dtc/tim)
Hasil Lengkap Liga Champions

Group A

Malmoe FF vs Paris Saint Germain, 0-5
Shakhtar Donetsk vs Real Madrid, 3-4

Group B
CSKA Moscow vs Wolfsburg, 0-2
Manchester United vs PSV Eindhoven, 0-0

Group C
FC Astana vs Benfica, 2-2
Atletico Madrid vs Galatasaray, 2-0

Group D
Borussia Moenchengladbach vs Sevilla, 4-2
Juventus vs Manchester City, 1-0

Group E
BATE Borisov vs Bayer Leverkusen, 1-1
Barcelona vs Roma, 6-1

Group F
Arsenal vs Dinamo Zagreb, 3-0
Bayern Munich vs Olympiakos, 4-0

Group G
FC Porto vs Dynamo Kyiv, 0-2
Maccabi Tel Aviv vs Chelsea, 0-4

Group H
Zenit vs Valencia, 2-0
Lyon vs Gent, 1-2

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …