Soeharto sampai SBY Gunakan Produk PT Dirgantara Indonesia, Kok Jokowi Pilih Produk Asing ?

Sejumlah teknisi menyelesaikan proses pembuatan Helikopter jenis Superpuma SA 332 C1A dan Cougar E725 di hanggar PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung. (Foto : Kharizal Maris)

Sejumlah teknisi menyelesaikan proses pembuatan Helikopter jenis Superpuma SA 332 C1A dan Cougar E725 di hanggar PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung. (Foto : Kharizal Maris)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pemerintah membeli Agustawestland VVIPAW101 untuk tumpangan Presiden Joko Widodo ke daerah terpencil, disayangkan para direksi PT Dirgantara Indonesia (PT DI).


Direktur Produksi PT DI, Arie Wibowo mengatakan meski baru wacana, namun bisa menimbulkan keraguan di kalangan negara luar tentang kualitas produk Indonesia.

“Sampai saat ini belum ada pemesanan apa-apa dari Istana Negara akan pesawat Airbus Helicopters EC725 buatan PTDI. Mudah-mudahan Presiden mau gunakan produk anak bangsa,” kata Arie Wibowo kepada JPNN, di sela-sela kunjungan ke hanggar pesawat PT DI, Rabu (25/11).

Dia menyebutkan, EC725 sudah diproduksi PT DI sejak 2005 dan menjadi pesawat khusus Angkatan Udara. Selain itu ada 32 negara juga yang menggunakan EC725.

“Dari sisi kualitas, kami jamin EC725 jauh lebih bagus spesifikasinya ketimbang AW101. Kalau misalnya Pak Jokowi tetap memilih pesawat AW101, itu berarti beliau adalah presiden pertama RI yang tidak menggunakan buatan putra bangsa,” katanya.

Sejak PT DI yang sebelumnya IPTN didirikan, Soeharto menjadi presiden pertama yang menggunakan pesawat buatan dalam negeri. Setelah itu BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, dan SBY, juga menggunakan heli buatan PT DI.

“Dulu itu digunakan Super Puma, namun sejak 2005 PT DI melakukan perbaikan-perbaikan hingga ada EC725 itu. TNI AU sudah memesan enam unit EC725. Kalau presiden mau pesen helicopter sejenis AW101, DI punya dan jauh lebih bagus. Harganya pun lebih murah, tidak sampai Rp500 miliar kalau sudah dijadikan VVIPEC725,” bebernya.(esy/jpnn)

 

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …