Aduu! 130 Ribu Warga Kabupaten Bandung Pengangguran

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG-  Pemerintah Kabupaten Bandung mengklaim angka pengangguran terus mengalami penurunan. Berbagai upaya seperti menggelar bursa kerja dilakukan untuk memberikan kesempatan kerja kepada Masyarakat.


Kasi Penyaluran dan Bimbingan jabatan dinas Ketenagakerjaan Kabupaten  bandung, D A Hidayat mengatakan, saat ini terdapat lebih dari 2 juta penduduk Kabupaten Bandung usia produktif, 130 ribu diantaranya merupakan pengangguran terbuka.

“Kita masih mempunyai 130 ribu pengangguran. Kita trus berupaya menekannya dengan berbagai program,”tutur Hidayat ketika diwawancara disela-sela job fair, Soreang, Selasa (24/11).

Salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran adalah menggelar job fair atau bursa krja, disampingitu menggelar berbagai pelatihan keterampilan kepada Masyarakat.

Dari berbagai program yang digulirkan, pemerintah Kabupaten Bandung mentargetkan serapan tenaga kerja tahun ini 5000 orang. “Target itu dari bursa kerja, belum lagi dengan berbagai pelatihan keterampilan,”ujarnya.

Penggelaran bursa kerja, kata Hidayat sering dilakukan di Kabupaten Bandung baik dalam skala besar maupun kecil bekerjasama dengan berbagai perusahaan. “Kita juga sebenarnya bikin bursa kerja kecil-kecilan atau terbatas di sekolah-sekolah dan juga dinas-dinas,” kata dia.

Penyelenggaraan bursa kerja secara besar-besaran itu, diakui dia, tidak akan mampu mengurangi tingkat pengangguran sampai satu persen. “Tidak akan sampai 1 persen, paling juga nol koma sekian persen,” ujar dia.

Dalam bursa kerja ini, kata dia, terdapat sekitar 7.000 lowongan kerja yang bisa dimanfaatkan oleh para muda-mudi di Kabupaten Bandung.

“Bursa kerja yang tahun ini menurut saya lebih ramai dari tahun kemarin, tapi saya belum bisa kasih tahu persentasenya,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung Rukmana menuturkan, dari 2012 sampai tahun, pihaknya mengklaim telah berhasil menurunkan angka pengangguran dari 11 persen menjadi delapan persen. Itu artinya, kata dia, jumlah warga yang telah mendapat pekerjaan yakni sebanyak 40 ribu orang.

Rukmana juga menjelaskan, jika ditotal selama tiga tahun belakangan, jumlah angkatan kerja yang telah memperoleh pekerjaan yaitu sebesar 80 ribu orang.

“Kita berharap angka pengangguran ini bisa turun lagi menjadi enam persen. Lewat bursa kerja ini bisa nurunin pengangguran,” kata dia. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Perempuan Keluar Zona Nyaman

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Perempuan di Kabupaten Bandung Barat harus memiliki integritas, tangguh dan mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pasalnya, kesan …

Harus Aktifkan Koperasi di Sumedang

 POJOKBANDUNG.com, KOTA – Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2021-2025 diharapkan mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi …

Belum Bisa Layani Semua Kecamatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran kota Cimahi mengaku masih kewalahan untuk dapat melayani …

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …