Usai Diperiksa 7 Jam, Penggelap Dana KUR Rp 30 M Langsung Dibui

Ilustrasi

Ilustrasi

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Tersangka kasus penggelapan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BNI Cabang Bandung senilai Rp30 miliar Enceng Soleh ditahan Penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Barat di Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasie Penkum) Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Remon Ali mengatakan, bos peternak ayam potong asal Kabupaten Ciamis itu ditahan pada Senin (23/11) kemarin.

“Sebelumnya ES diperiksa terlebih dahulu dari pukul sembilan pagi, tepatnya pukul 15:00 WIB yang bersangkutan langsung ditahan,” ujar Remon saat dikonfirmasi, Selasa (24/11/2015).

Dugaan penggelapan dana KUR BNI Cabang Bandung dari alokasi Rp 40 miliar yang merugikan negara hingga Rp 30 miliar ini, selain menahan tersangka, Penyidik juga bahkan menggeledah rumah tersangka di Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

Kasus ini terjadi pada tahun 2010, dalam menggelapkan dana KUR, modus yang dilakukan ES dengan mengajukan KUR untuk usaha peternakan ayam potong ke BNI Cabang Bandung.

Faktanya, dana dari KUR itu sebagian besar tidak digunakan sesuai pengajuan dalam proposal, yaitu tersangka membuat kelompok – kelompok tani fiktif seolah-olah ada tapi faktanya kelompok tani itu tidak ada.

Akibat perbuatannya, Enceng dijerat pasal 2, Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 31/1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang RI nomor 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

“Yang bersangkutan juga didampingi penasehat hukum,” pungkasnya.

(cesar)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …