Kerap Banjir Cileuncang, Pemda Bandung Perbaiki Drainase Jalan Kopo-Katapang

POJOKBANDUNG.com, MARGAHAYU-  Dinas Suberdaya Air Pertambanhan dan Energi Kabupaten Bandung melakukan perbaikan drainase di jalan Raya Kopo-Katapang, Senin (23/11/2015).


Kasi Pelaksana Jaringan Drainase pada Dinas Sumber Daya Air Pertambangan dan Energi Kabupaten Bandung, Asep Kusmawan, mengatakan perbaikan drainase dilakukan dengan cara mengangkat endapan dan lumpur supaya tidak menyumbat air yang menyebabkan banjir cileuncang.

“Daerah ini selalu terjadi banjir cileuncang saat hujan turun, karena saluran tersumbat sehingga air meluber ke jalan. Jadi kami berupayaa mengangkat sampah dan limpurnya,”tutur Asep.

Selain itu, beberapa gorong-gorong juga banyak yang terputus, sehingga petugas dari Dinas Sumberdaya Air Pertambanhan dan Energi Kabupaten Bandung juga menyambungkan kembali gorong-gorong yang terputus tersebut.

Kabupaten Bandung, kata Asep merupakan daerah yang cukup rawan terjadi banjir yang diakibatkan oleh buruknya drainase, seperti di Katapang, Soreang, Cimenyan, Cileunyi, Cilengkrang dan Kecamatan lainnya.

“Memang butuh waktu lama dan panjang untuk melakukan renovasi drainase supaua aliran air normal dan tidak menyebabkan banjir cileuncang. Kami terus berupaya melakukan perbaikan,”ujarnya.

Kepala Bidang Jalan pada Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung, Zeis Zultaqawa, mengatakan sebelum diperbaiki jalannya, sistem drainase di sekitar gerbang Taman Kopo Indah di Kecamatan Margahayu tersebut harus diperbaiki terlebih dulu.

“Jika sistem drainasenya sudah normal dan jalannya tidak tergenang lagi, barulah bisa diperbaiki. Kalau ditambal dulu, nanti berlubang lagi dan lagi,” kata Zeis.

Perbaikan sistem drainase dan jalan ini, katanya, untuk menjawab keluhan warga yang selama ini melewati jalan tersebut. Walaupun cuaca terik, jalan di depan gerbang perumahan ini sering tergenang. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …