Wow… BPJS Genjot Iuran Rp 34,35 Triliun Hingga Akhir 2015

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan

 
POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan optimistis target penerimaan iuran hingga akhir 2015 tercapai bahkan bisa mencapai di atas target.


Menurut Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Herdy Trisanto, hingga Oktober, penerimaan iuran mencapai Rp 27,89 triliun atau 81,19 persen dari target 2015 sebesar Rp 34,35 triliun.

“Dua bulan kami optimistis akan mencapai target. Kami akan maksimalkan potensi yang sudah ada, termasuk menerjunkan tim pengawasan kelapangan,” ujar Herdy disela kegiatan Fun Run 2015 di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jabar, Minggu (22/11).

Tim yang diturunkan sejak pertengahan tahun, menurut Herdy, sudah mampu menggenjot penambahan iuran sebesar Rp 60 miliar. Menurutnya dengan wewenang penuh, tim tersebut bisa melakukan tindakan hukum kepada perusahaan yang menunggak iuran.

“Tapi kami masih persuasif, dan dengan himbauan saja, mereka kembali patuh dan membayar iuran,” paparnya.

Herdy menerangkan, dana investasi yang dikelola kini mencapai Rp 198,67 triliun dengan hasil investasi sebesar Rp 14,71 triliun. Tahun ini total dana investasi yang dikelola akan mencapai Rp 210 triliun. Tahun 2018, ia optimistis, dana investasi yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan dapat mencapai Rp 490 triliun.

Sementara terkait jumlah peserta, menurutnya, pencapaian jumlah peserta masih jauh di bawah angkatan kerja yang ada saat ini. Secara nasional, angkatan kerja formal mencapai 40 juta orang sedangkan angkatan kerja informal mencapai 77 juta orang. Namun untuk pekerja formal, jumlah kepesertaan baru mencapai 19,7 juta pekerja.
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Barat Didi Siswadi menambahkan, total kepesertaan di wilayahnya baru mencapai 4,5 juta orang dari angka potensi sekitar 9 – 10 juta orang.

“Penerimaan iuran hingga Oktober lalu sudah mencapai Rp4,1 triliun,” ujarnya, yang baru sebulan menjabat sebagai Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jabar itu.

Kegiatan Fun Run BPJS Ketenagakerjaan 2015 5 K berlangsung serentak di wilayah Bandung, Balikpapan, Semarang dan Denpasar. Puncak kegiatan Fun Run 5 K ini akan berlangsung di Jakarta 13 Desember 2015 mendatang. Herdy Trisanto menambahkan kegiatan ini untuk menjalin kedekatan BPJS Ketenagakerjaan dengan masyarakat sekaligus sosialsiasi program-program BPJS. (*/nto)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …