Waduh…Empat Daerah Se Bandung Raya Ternyata Punya Rapor Buruk

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Berusia lebih lama bukan jaminan pemerintahannya lebih baik. Hal tersebut terlihat dari hasil audit BPK terhadap empat Kota/Kabupaten di Bandung raya.


Direktur CBA (Center For Budget Analysis), Uchok Sky Khadafi mengatakan, dari empat Kota/Kabupaten se-Bandung raya, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung mempunyai rapor buruk dalam mengurus pengelolaan APBD dibandingkan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang berusia lebih muda.

“Kota Bandung menduduki peringkat pertama dalam pelolalaan APBD terburuk se-Bandung raya, Kabupaten Bandung menempati posisi kedua, Kabupaten Bandung Barat ketiga dan Kota Cimahi keempat,” tutur Uchok, di Soreang, Minggu (22/11).

Walaupun Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat menempati urutan ketiga dan keempat, namun bukan berarti lebih baik. Pengelolaan APBD keduanya juga buruk karena terdapat potensi kerugian negara.

“Potensi kerugian negara dari empat Kota/Kabupaten se-Bandung raya mencapai Rp117 miliar,”ungkapnya.

Setiap tahunnya, keempat Kota/Kabupaten di Ibukota dan Penyangga Ibukota Provinsi Jawa Barat tersebut, selalu ditemukan kebocotan anggaran, seperti hasil Audit BPK terhadap APBD tahun 2014.

Kota Bandung yang menempati urutan pertama pengelolaan APBD terburuk, terdapat dugaan kebocoran anggaran di 622 lelang dengan potensi kerugiaan negara sebesar Rp68.075.450.000.

Sementara, Kabupaten Bandung terdapat dugaan kebocoran anggaran di 439 lelang dengan potensi kerugian negara sebesar Rp33.084.020.000.

Kabupaten Bandung Barat, potensi kerugian negara sebesar Rp9.757.580.000 dari 342 lelang dan Kota Cimahi mempunyai potensi kerugian negara sebesar Rp6.377.680.000 dari 322 lelang.

“Kebanyakan modus yang dilakukan oleh mereka adalah mark up lelang pengadaan,”ungkapnya.

Dicontohkannya, dalam lelang pengadaan peralatan Pendidikan pada Dinas Pendidikan Kota Bandung ditemukan indikasi pengaturan dokumen penawaran antara peserta lelang.

“Mark up dalam lelang pengadaan peralatan pendidikan di dinas Pendidikan Kota Bandung mncapai Rp1,5 miliar. Hal yang sama juga dilakukan oleh Pemkab pada lelang pengadaan konstruksi gedung Plasa Kesenian, mark Up-nya mencapai Rp470.640.880,”paparnya.

Sementara, Kabupaten Bandung Barat,dalam paket pekerjaan pengadaan alat kesehatan pada dinas Kesehatan terdapat kelebihan pembayaran atau mark up sebesar Rp1,3 miliar.

Untuk Kota Cimahi, salah satu contoh pekerjaan pengadaan alat peraga dan buku kurikulum ke setiap sekolah pada dinas pendidikan senilai Rp108 juta tidak dilaksanakan oleh enam vendor atau perusahaan.

“Dari kasus kasus diatas, kami dari CBA (Center For Budget Analysis) meminta kepada pihak aparat hukum untuk segera melakukan penyidikan atas dugaan adaanya korupsi atas 4 daerah se Bandung Raya, karena sudah ditemukan potensi kerugian negara sebesar Rp.117 milyar ini. Segera panggil saja, ke 4 kepala daerah ini, karena ada potensi kerugian negara,”tandasnya.

(mld)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …