Dikecewakan Gubernur, Buruh Kasbi Cimahi Gelar Tabur Bunga

aksi buruh kasbi

aksi buruh kasbi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Puluhan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Buruh Indonesia (Kasbi) menggelar aksi tabur bunga di Sekre Kasbi, Komplek Melong Green, Jalan Poker Utara, Cimahi, Minggu (22/11). Hal tersebut sebagai bentuk kekecewaan setelah Gubernur Jabar mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tentang pengupahan.


Aksi buruh yang didominasi perempuan itu dilakukan secara teatrikal. Beberapa wanita berjalan mengelilingi lilin yang menerangi tulisan-tulisan berisi kekecewaan dan kepada pemerintah, sambil menaburkan bunga.

Sementara buruh lain duduk melingkar sambil bernyanyi lagu perjuangan buruh berjudul “Darah Juang” mengiringi aksi tabur bunga.

“Kegiatan tabur bunga itu sebagai bentuk berkabung kami, atas lahirnya pp nomor 78 dan matinya perhatian pemerintah terhadap kami kaum buruh,” Ujar Pengurus Serikat Buruh, Dept. Buruh Perempuan KASBI, Siti Eni saat ditemui usai aksi.

Lagu darah juang yang dilantunkan, Eni katakan sangat cocok melambangkan kondisi buruh yang tertindas.

Ia melanjutkan, terkait PP No. 78 dan UMK yang sudah disahkan gubernur, ia mengatakan Kasbi tetap menolak dan akan terus memperjuangkan tuntutannya.

Untuk itu, rencananya, pada tanggal 24-27 November akan melakukan aksi demonstrasi bersama serikat buruh lainnya ke kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami tetap menolak (PP No.78) dan akan melakukan aksi perlawanan sampai mendapatkan kemenangan,” tegasnya.

Alasan pihaknya bersikukuh menolak, ia katakan UMK sebesar Rp 2. 275.000 yang ditetapkan Gubernur itu tidak layak bahkan menurutnya, mendekati cukup pun tidak.

“Kebutuhan buruh itu bukan makan saja. Buruh perempuan yang langsung merasakan imbas dari upah murah itu, karena perempuan yang mengatur ekonomi keluarga dari mulai membeli beras, sembako dan kebutuhan pokok yang lainnya,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …