Masih Banyak Sampah, Kota Bandung Meraih Penghargaan Adipura, Kok Bisa…

adipura

adipura

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Kota Bandung berhasil meraih penghargaan Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup. Rencananya penghargaan ini diserahkan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada 23 November nanti. Kendati demikian, bukan berarti Kota Bandung sudah terbebas dari sampah.


Buktinya, di beberapa sudut Kota Bandung masih terlihat adanya tumpukan sampah, terutama di sudut-sudut pasar Kota Bandung. Ironisnya, sampah di pasar menjadi salah satu poin yang dinilai tim Adipura.

“Ya, kita tidak bisa menjamin sampah hilang di pasar, karena tiap hari warga menghasilkan limbah,” ujar Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPL) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar kepada wartawan, Jumat (20/11).

Meski begitu, lanjut Hikmat, Dirut PD Pasar Bermartabat sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi jumlah sampah di pasar-pasar. Caranya dengan memilah sampah organik dan anorganik, termasuk menggunakan plastik ramah lingkungan.

Terkait poin yang diperoleh Kota Bandung, Hikmat mengaku, tak tahu persis, karena itu menjadi hak pemerintah pusat.

“Mungkin setelah pengumuman nanti, kita akan diberi tahu berapa poin kita,” tuturnya.

Hikamt sendiri tak tahu persis, apa saja yang menjadi titik berat penilaian, sehingga Kota Bandung meraih penghargaan.

“Kemungkinan kita bisa memenangkan poin besar, itu karena saat presentasi wali kota di depan dewan penilaian Adipura,” tambahnya.

Hikmat mengatakan, kemungkinan besar panitia melihat juga perubahan taman di Kota Bandung sebagai sesuatu yang berubah. Karena taman merupakan salah satu penilaian tim penilaian Adipura. Selain itu, sekolah, jalan-jalan dan pasar menjadi penilaian.

Hikmat menambahkan, berhasilnya Kota Bandung mendapatkan Adipura, bukan hanya lantaran bersihnya Kota Bandung dari sampah, melainkan perubahan perilaku masyarakatnya.‎

“Dengan prinsip kolaborasi, inovasi dan desentralisasi bisa mendongkrak upaya kita meraih Adipura,” jelasnya.
(mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …