Aduh! Hoax Bikin BPBD Kab. Bandung Pusing Tujuh Keliling

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Masyarakat Kabupaten Bandung diharapkan bijak dalam menyikapi kabar-kabar burung di dunia maya atau media sosial. Pasalnya, banya kabar bohong yang beredar termasuk tragedi bencana.


Ketua Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Tata Irawan Sobandi mengatakan, adanya media sosial bisa menjadi perantara penyampaian informasi yang cepat, namun terkadang banyak informasi sesat atau hoax.

“Pekan lalu, kami disibukan oleh informasi jalan longsor di Pangalengan dan ternyata itu hoax,”tutur Tata, Jumat (20/11/2015).

Bahkan, dari informasi yang berdar di Media sosial, beredar pula sebuah foto yang menunjukan jalan yang terputus akibat longsor dan dikatakan terjadi di Pangalengan. Namun, setelah ditelusuri ternyata gambar tersebut merupakaan kejadian di Jawa Tengah tahun lalu.

“Informasi palsu seperti itu cukup membuat kami repot, mau tidak mau kami harus melakukan crosscek lapangan. Masyarakat juga banyak yang menghubungi kami untuk menanyakan kebenarannya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Tata berharap agar masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial, jangan sampai menyebarkan informasi palsu atau yang belum jelas kebenarannya.

“Kalau baru mendapat informasi sepintas dari orang yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan, jangan mudah menyebar informasi bencana, karena bisa juga membuat masyarakat menjadi cemas,” katanya.

Jika ada informasi bencana yang beredar, masyarakat sebaiknya melakukan cross cek terlebih dahulu kepada  pihak yang berwenang.

“Kita punya pusdal off, yang menampung semua berita, dan secara resmi kami akan mengumumkan kejadian setelah ddilakukan cross cek lapangan,” ungkapnya.

Bagi Masyarakat yang mendapat informasi adanya bencana di wilayah Kabupaten Bandung, bisa menghubungi pusdal off BPBD Kabupaten Bandung di nomor 081214284944 (sms) dan 02285872591.

“Bisa juga mlalui email [email protected] bagi yang ingin mmeberikan informasi kejadian bencana. Kalau ingin mengetahui kebenaran dari informasi bencana, kunjungi saja twitter kami di @bpbdkabbandung. Kalau memang ada kejadian bencana, pasti kami upload,” tandasnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds