Cintai Produk Lokal dengan Papersmooth

POJOKBANDUNG.com, GELIAT bisnis fashion di negara berkembang seperti Indonesia sangat cepat pertumbuhannya. Meskipun banyak kompetitor dalam industri kreatif ini, namun tidak menjadikan para pengusaha menutup sebelah mata untuk bersaing di bisnis fashion.


Diantara banyaknya bisnis fashion yang kian menjamur, salah satu bisnis fashion yang menjanjikan adalah kaos distro. Jenis kaos distro banyak dipilih karena melihat pangsa pasarnya yang cukup luas. Biasanya bisnis kaos distro mempunyai segmentasi yang dikhususkan untuk usia remaja dan usia muda, sekitar 15-30 tahun.

Salah satu distro di Bandung yang menawarkan berbagai desain kreatif adalah Papersmooth. Distro milik Panji Tristyo Ramdhani ini sudah berdiri sejak Januari 2012. “Saya memilih bisnis fashion karena berawal dari hobi. Selain itu saya juga dapat ilmu fashion waktu saya jadi penjaga toko baju, supervisor, manager, sampai sekarang. Jadi intinya passion saya ada di fashion,” jelas Owner Papersmooth, Panji Tristyo Ramdhani ,26, Kemarin.

Saat ditemui di kantornya yang berada di Jalan Jend. A. Yani No. 909, Panji mengaku saat ini yang menjadi pesaing terberatnya adalah produk dari luar negeri yang datang ke Indonesia. “Sekarang ini saingan terberat kita justru produk dari luar negeri yang kualitasnya bagus, tapi harganya hampir mendekati produk lokal. Saat ini kita lagi memikirkan bagaimana agar produk lokal bisa tetap bertahan dan konsumen tetap memilih kita,” terangnya.

Panji menambahkan bahwa harus adanya kampanye secara berkelanjutan agar masyarakat Indonesia bisa menghargai dan mencintai produk dalam negeri. “Agar industri kreatif ini bisa bertahan, kita harus mengkampanyekan cinta produk dalam negeri kepada masyarakat. Bentuk dari kampanye tersebut bisa dengan mengadakan berbagai acara seperti kick fest yang baru saja diadakan beberapa waktu lalu, atau bisa juga dengan pameran local brand,” ungkapnya.

Meskipun banyak hambatan dalam menjalankan usahanya, sampai saat ini Papersmooth sudah merambah ke negeri tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Australia. Desain yang ditawarkan oleh Papersmooth sangat unik dan casual, maka tak heran kaum remaja dan anak muda menggandrungi produk dari Papersmooth, karena sangat nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Untuk penjualannya sendiri, Papersmooth menggunakan sistem offline dan online. Selain di Bandung, outlet Papersmooth berada di Jalan Pramuka No. 115, Kolaka, Sulawesi tenggara. Sedangkan untuk di Bandung sendiri, Papersmooth membuka outletnya di Jalan Sultan Agung No. 5.

Selain menjual t-shirt, Papersmooth juga mempunyai produk lain seperti kemeja, sepatu, topi dan jaket. Adapun harga yang dibanderol Papersmooth, mulai dari Rp 135.000 – Rp 500.000. Meskipun harga yang ditawarkannya cukup tinggi,

Panji mengaku bahwa brand lokal miliknya bisa bersaing dengan produk lain karena selain menggunakan bahan yang berkualitas, Papersmooth juga memiliki kreativitas yang beragam dalam membuat konsep di setiap desainnya. Di setiap bulannya, Papersmooth bisa mengeluarkan 40 desain sekaligus.

Dalam mempertahankan bisnis distro miliknya, Panji bersama timnya mempunyai strategi khusus agar Papersmooth bisa tetap diterima oleh masyarakat. “Dua tahun pertama kita fokus untuk mempertahankan di sektor kualitas dan desain. Masuk di tahun ke 3 dan 4, ada strategi lain yang harus kita benahi, salah satunya adalah strategi marketing. Kita terus berusaha agar konsumen bisa bangga ketika menggunakan produk Papersmooth,” tutur Panji. (dian/job 3)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …