7.000 Titik PJU Jadi Target Pemeliharaan Pemkot Cimahi

pju

pju

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Kasi PJU Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Saepul Nurjaman meminta masyarakat untuk melaporkan jika ada Penerangan Jalan Umum (PJU) yang mati. Hal itu untuk memudahkan perbaikan PJU di Kota Cimahi yang ada di sekitar 5.000 titik.


“Lampu itu benda mati. Jika mati, kalau lingkungan sekitar tidak melapor, kami tidak akan tahu,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya di kantor Pemkot Cimahi, Kamis (18/11).

Sebenarnya, terkait laporan lampu mati ada alat yang bisa melaporkan status lampu secara otomatis, namun harganya mahal. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau warga untuk melaporkan jika ada PJU yang mati.

“Mudah-mudahan ke depannya teknologi tersebut bisa diterapkan. Tapi untuk saat ini belum ada. Dengan keterbatasan itu, tahun depan kami akan lakukan program kegiatan normalisasi PJU,” ujarnya.

Program tersebut membuat pihaknya secara terstruktur melakukan survey dan mengidentifikasi permasalahan dan langsung memperbaikinya.

Ia menerangkan, pemerintah selalu melakukan penataan dan pembangunan penerangan jalan umum, revitalisasi.

“Tahun depan akan memasang PJU di jalan pemukiman atau jalan gang agar merata kepada seluruh wilayah,” terangnya.

Meski demikian, terdapat beberapa kendala, salah satunya biaya. Untuk itu pihaknya menyiasatinya dengan membuat daftar prioritas.

“Prioritas kita bagaimana menjaga Jalan Amir Machmud terus berfungsi karena termasuk arteri primer. Selanjutnya arteri sekunder seperti Gatot Subroto, Cihanjuang, Kolonel Masturi, dan jalan sekelasnya,” katanya.

Terkait jalan lainnya yang termasuk dalam kategori di bawah kedua arteri tersebut seperti Jalan Kebon Kopi, itu masuk ke dalam jalan kolektor.

Ia menegaskan jalan kolektor tidak diprioritaskan. Soalnya, ia mencontohkan, dari tahun kemarin sudah melakukan pemasangan sampai Parmindo.
Ia mengungkapkan tahun ini terus melakukan pemeliharaan dengan target 750 titik setiap tahunnya. Sifatnya memfungsikan kembali lampu PJU yang mati di seluruh kota Cimahi. Kemudian merevitalisasi penerangan lingkungan sebanyak 150 titik. Seperti di jalan-jalan pemukiman, perumahan yang jalannya relatif dilewati kendaraan pribadi.

“Lalu penataan dan peningkatan PJU sebanyak 300 titik meliputi jalan-jalan primer, sekunder, kolektor, dan jalan lokal (yang menghubungkan pemukiman yang dilewati angkot),” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …