Waduuh! Polda Jabar Naik Perahu dengan Jerigen?

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Polda Jabar  siap menghadapi musim hujan yang melanda Jabar bahkan jika terjadi banjir pun. Namun, peralatan banjir seperti perahu karet masih belum dianggap aman dan tahan lama, jika terjadi kebocoran. Ide kreatif pun muncul dari Personel Tim SAR Polda Jabar akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna menanggulangi bencana yakni membuat perahu dari jerigen.


Peralatan ini ialah perahu terbuat dari tumpukan jeriken. Perahu rakitan ini karya kreatif personel Dit Polair Polda Jabar. “Perahu jeriken ini hasil inovasi kami. Ada dua unit perahu jeriken yang kami miliki,” kata Kasi Sarbinmas Ditpolair Polda Jabar Kompol Ade Rohendi di Mapolda Jabar, Selasa (17/11.2015).

Perahu berkapasitas delapan penumpang ini dikelilingi jeriken bercat biru. Badan perahu dilapisi fiber. “Total ada 28 jeriken yang membuat perahu bisa mengapung di air. Tempat duduknya juga pakai jeriken,” ucap Ade.

Salah satu anggota Dit Polair Polda Jabar, Brigadir Dedi Mulyadi, menyebut perahu jeriken ini sudah dicoba saat penanganan tanggul jebol di Indramayu. Fungsi lainnya untuk mengevakuasi warga terjebak banjir. Meski tampilannya sederhana, Dedi menambahkan, perahu tersebut tergolong kokoh.

“Dulu perahu karet yang kami gunakan. Tapi lama-kelamaan perahu karet itu hancur dan bocor. Nah, munculah ide membuat perahu jeriken. Butuh waktu satu minggu merakit perahu jeriken. Kalau kena benturan tetap kuat, kalau bocor masih bisa mengapung. Perahu jeriken ini ditambah mesin untuk melaju di air,” tutur Dedi. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds