Waduuh! Hibah untuk Petani Jabar Dihilangkan

Ilustrasi.

Ilustrasi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Petani di Jawa Barat dipastikan tidak akan menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada semester pertama 2016. Hal ini akibat dihilangkannya program bantuan hibah bagi petani yang dilakukan Dinas Pertanian Jabar.


Kepala Dinas Pertanian Jabar Diden Trisnadi mengatakan, pada RAPBD Murni 2016, pihaknya tidak menganggarkan bantuan hibah bagi petani. Hal ini seiring diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang mengharuskan penerima hibah berbadan hukum.

“Petani di kita kan jarang yang memiliki badan hukum. Jadi (bantuan hibah) kita tangguhkan dulu,” kata Diden usai melakukan pembahasan RAPBD 2016 dengan Komisi II DPRD Jabar, di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Selasa (17/11/2015). Diden menyebut, pada APBD 2015 ini, jumlah hibah pertanian mencapai Rp 39 miliar yang meliputi hibah barang dan hibah uang.

“Sekarang untuk sementara tidak ada. Kami menunggu sampai ada ketentuan yang membolehkannya. Mungkin nanti di (APBD) perubahan bisa disalurkan,” katanya seraya menyebut tidak ada lagi pemberian barang seperti traktor serta alat tanam dan panen pada semester pertama 2016. (agp)

Loading...

loading...

Feeds