Inggris V Prancis, La Marseillaise Berkumandang di Wembley

POJOKBANDUNG.com, LONDON – Bom yang mengguncang Paris Sabtu (14/11) lalu dikhawatirkan mempengaruhi laga persahabatan Inggris versus Prancis. Namun, setelah pertemuan antara Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), pertandingan Rabu (18/11) dini hari nanti di Stadion Wembley tetap bergulir.
Sebagai bentuk dukungan kepada Prancis, La Marseillaise, lagu kebangsaan Prancis akan dikumandangkan sebelum pertandingan dimulai.
Woro-woro mengenai pertandingan yang dibuka dengan La Marseillaise itu sudah diumumkan penyiar Inggris Mark Pougatch (15/11) seperti dikutip Daily Mail.”Jika Anda memiliki tiket Wembley Rabu mendatang, saatnya Anda belajar melafalkan La Marseillaise. Saatnya menunjukkan apa arti fraternite (persaudaran,red),” cuit Pougatch dalam twitter.


Sebagai respon Pougatch, jurnalis Prancis Philippe Auclair membalas dalam akunnya. Auclair berterima kasih atas atensi dan kesediaan suporter Inggris bernyanyi La Marseillaise. Tak lupa Auclair menautkan link lirik La Marseillaise.
Chairman FA Greg Dyke mengucapkan bela sungkawa atas duka yang dialami Prancis. Tak lupa menyisipkan pesan soal ketatnya pengamanan menuju Inggris versus Prancis mendatang.

Langkah Dyke itu adalah antisipasi mengenai teror yang bisa menular ke Inggris setiap saat. Eropa yang akan menggelar pesta sepak bolanya tahun depan memang menjadi sasaran empuk buat para teroris mengacau.

Perkembangan terkait ledakan bom Paris Sabtu lalu, Presiden FFF Noel Le Graet menggelar rapat dengan UEFA dan panitia penyelenggara. Rapat kali ini terkait sistem pengamanan tujuh bulan menjelang Euro 2016 berlangsung.

“Keamanan kontestan dan suporter menjadi hal yang utama saat ini. Kami akan melanjutkan semuanya terkit penyelenggaraan Euro mendatang. Kami harus semakin waspada,” ucap Le Graet.

Le Graet mengingatkan memasuki Januari pembahasan keamanan harus beres. Langkah antisipasi teror sejenis sudah harus matang menjelang Euro. Stadion pertandingan, lokasi latihan tim, dan hotel tim menjadi tanggung jawab panitia pelaksana. Sementara negara punya tanggung jawab menggaransi keamanan di sekitar lokasi tiga lokasi ini.

Jangan lupakan juga fan zones, dimana fans dalam jumlah yang besar tak bisa masuk stadion dan menonton pertandingan. Fan zones menurut Graet tetap akan menjadi tanggung jawab negara untuk faktor keamanannya.

Sementara, Ketua penyelenggara Jacques Lambert akan meminta pertemuan khusus dengan UEFA dan FFF pada 10 Desember mendatang. Lambert akan menjabarkan konsep keamanan untuk sepuluh kota yang menjadi host Euro 2016 mendatang.

“Dua hari setelah pertemuan itu (12 Desember,red.) proses pengundian Euro 2016 akan dilakukan. Kami tak akan memberikan Euro ini kepada teroris. Kami melakukan langkah preventif terhadap semua teror,” ucap Lambert seperti dikutip dari Skysports. (dra)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …