Satu Kompi Polisi di Jabar, Perwilayah Disiapkan Tanggap Bencana

polisi

polisi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setidaknya satu kompi dari jajaran tiap-tiap Polres dan Polrestabes disiapkan guna penanggulangan bencana di wilayah Polda Jabar. Hal tersebut disampaikan Kapolda Jabar Irjen Pol Moechgiyarto saat gelar pasukan tanggap bencana di Halaman Mapolda Jabar, Senin (16/11/15).


“Pasukan sudah kita siapkan dari tiap-tiap jajaran polres dan polrestabes, dan dari Polda Jabar pun kita siapkan satu kompi untuk pemback up,” kata Moechgiyarto usai apel gelar pasukan.

Moechgiyarto mengatakan, pasukan tanggap bencana yang disiapkan guna menanggulangi bencana di wilayah Jabar, pasukan-pasukan tersebut juga di beri pelatihan khusus agar cakap dalam bertindak dalam kejadian bencana alam.

“Pelatihan itu senantiasa dilatih terus, mereka mendapat pelatihan di Mabes dan Polda, hal tersebut guna menyiapkan mereka menguasai alat tanggap khusus seperti kano contohnya yang dipakai untuk menanggulangi bencana,” katanya.

Selain itu, selain menyiapkan pasukan, Moechgiyarto juga mengecek peralatan-peralatan yang nantinya di gunakan untuk menanggulangi bencana.

“Berfungsi semua cukup baik, cadangan pun ada, manakala alat utama rusak, cadangannya pun sudah siap. Kita sudah coba peralatan tersebut,” ungkapnya.

Moechgiyarto mengatakan, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak guna mengantisipasi dan penanggulangan bencana apabila terjadi bencana di wilayah Jabar.

“Pasti ada kerjasama, seperti dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), mereka itu sebagai leading sectornya, namun demikian kita bantu, intinya harus ada sinergitas antara Polri dan Basarnas,” ucapnya.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatografi dan Geofisika(BMKG) meramalkan cuaca dari bulan November hingga Maret nanti curah hujan di Indonesia cukup tinggi. Di Jabar sendiri, bencana alam dan banjir kerap kali mengahantui masyarakat di musim penghujan. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …