Pembukaan PON Bisa Saja di GBLA

PON-XIX-Jabar

PON-XIX-Jabar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Pembukaan dan Penutupan PON 2016 sudah ditentukan digelar di stadion si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, namun kemungkinan dilakukan di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)  masih bisa saja terjadi.


Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan jika pelaksanaan penutupan dan Pembukaan PON 2016 tidak jadi dilakukan di Stadion si Jalak Harupat.

“PB PON Jabar masih mengatakan tetap di si Jalak Harupat,”tutur Akhmad, Senin (16/11).

Namun akhir-akhir ini sempat muncul isu jika lokasi pembukaan dan Penutupan PON 2016 batal dilakukan di stadion kebanggaan Kabupaten Bandung dan akan digelar di GBLA.

“Memang kami belum menerima SK, tapi setahu saya, untuk Venue saja belum ada yang diberi SK,”ungkapnya.

Diapun berharap agar ada kepastian lokasi Pembukaan dan Penutupan PON 2016 akan digelar di mana. Pasalnya, untuk helatan akbar sekelas PON harus dipersiapkan sematang mungkin.

“Perlu persiapan yang representatif, apalagi akan dihadiri oleh Presiden. Harusnya isu seperti itu tidak perlu muncul, waktu terus berjalan, PON tinggal satu tahun lagi, masa jadi perbincangan ada perubahan lokasi,”ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, hingga saat ini belum ada rencana perubahan lokasi pembukaan dan Penutupan PON 2016.

“Waktu terus berjalan, yang jlas sampai saat ini belum ada yang berubah, pembukaan dan Penutupan masih di si Jalak Harupat, memang kemungkinan dirubah mnjadi di GBLA ada,”ujarnya.

Dia juga membantah jika PB PON belum memberikan SK lokasi Pembukaan dan Penutupan di stadion si Jalak Harupat.

“Sudah di SK-kan. Apalagi saat ini di Stadion Si Jalak Harupat terus dilakukan perbaikan-perbaikan,”ujarnya.

Apalagi, untuk pemindahan massa untuk pembukaan PON, pengerahan kontingen, kedepannya diprediksi akan lebih mudah. Karena pembangunan tol Soroja pada Agustus 2016 akan rampung.

Seperti diketahui, saat ini wacana untuk lokasi penyelenggaraan pembukaan PON 2016 terus bergulir. Meski telah ditetapkan di Stadion Si Jalak Harupat, namun saat ini muncul wacana penyelenggaraan pembukaan bisa digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung. Wacana ini seiring dengan keluarnya rekomendasi dari Kantor Kementrian Pekerjaan Umum (Kemenpu) yang menyatakan jika Stadion GBLA aman untuk dijadikan tempat opening ceremony PON 2016.

Sementara Ketua Tim Ahli Mabes Polri, Prio Sulistyo mengungkapkan, hingga kini masih melakukan kajian kontruksi terkait kelayakan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di kawasan Gedebage, Bandung.

Selama seminggu kedepan, ia dan timnya tengah menyelesaikan data-data teknis tentang stadion yang pembangunannya dikerjakan PT Adhi Karya.

“Ini kan belum final, kami masih melakukan perhitungan, karena item-item yang diperiksa banyak,” kata Prio,   Senin (16/11).

Prio menambahkan, untuk sementara tidak akan memberikan statment apapun tentang stadion GBLA. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan polemik di masyarakat.

“Sejauh ini saya masih pada kesimpulan yang lalu, bahwa stadion GBLA tidak layak digunakan lantaran gagal konstruksi,” tandasnya.

(mld)

Loading...

loading...

Feeds

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …