Musim Hujan Tiba, Warga Diimbau Waspada DBD

Ilustrasi

Ilustrasi

 


POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Memasuki musim hujan, salah satu penyakit harus diwaspadai adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebab, banyak air tertampung hingga menggenang yang bisa menjadi tempat jentik nyamuk berkembang dan menyebarkan penyakit.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinkes Kota Cimahi dr. Fitriani Manan saat ditemui di ruang kerjanya, di komplek kantor pemerintah Kota Cimahi, belum lama ini.
Ia mengungkapkan, Secara umum kasus DBD tahun ini lebih tinggi ditambah ada kasus kematian dibanding tahun lalu. “Ada tren meningkat meski belum signifikan,” ujarnya.

Biasanya kasus tren DBD naik terjadi sesuai pola lima tahunan. Namun, cuaca sudah anomali (tidak tentu)( sehingga tidak bisa terdeteksi lagi dan DBD muncul sepanjang tahun karena Cimahi termasuk daerah endemis.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat harus rajin melakukan pemberantasan sarang nyamuk. “Gerakan pemeriksaan jentik nyamuk perlu digalakkan kembali,” katanya.

Selain itu, kepedulian jajaran SKPD untuk ikut memantau pemeriksaan jentik nyamuk setiap bulan agar masyarakat ikut tergerak melakukan hal sama.
Karena banyak penyakit yang bisa menghinggapi masyarakat jika tak menjaga kesehatan. Ia mengatakan, banyak penyakit yang harus diwaspadai. Pasalnya, banjir kerap terjadi, sumber air bersih bisa tercemar. Untuk itu, pengelolaan air minum harus dimasak sampai mendidih.

Selain itu, penyakit lain yang biasa menghinggapi masyarakat adalah diare dan penyakit kulit serta flu dan batuk.

“Udara dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh, apalagi kalau sering kehujanan. Makanya, rentan masuk penyakit,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …