Kualitas Kopi KBB Bersaing di Mancanegara

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Kualitas kopi arabika asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak kalah dengan kopi yang berasal dari berbagai negara penghasil kopi didunia. Kopi yang dihasilkan oleh para petani kopi hutan di Bandung Barat ini sudah termasuk dalam kategori Sepciality coffee yaitu kopi sepsialis arabika yang menjadi takaran sebuah kopi dapat diterima oleh negara-negara penikmat kopi sehingga, kopi KBB dapat di ekspor ke berbagai negara.
Dalam rangka pemberdayaan kesejahteraan petani kopi ini, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) jelang masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang mulai diberlakukan pada akhir tahun 2015, Forum Penyelamat Lingkungan Hidup (FPLH) Jawa Barat meminta pemerintah membuat kemitraan berkeadilan petani dan pelaku bisnis di lapangan.
Kepala Dinas Pertanian Perkebenunan dan Kehutanan (Distabunhut) KBB, Ida Nurhamida mengatakan, kualitas kopi terbaik di Bandung Barat itu berasal dari tiga daerah atau segitigamas kopi Bandung Barat yakni untuk di utara Lembang dengan Tangkubanparahu mountain Spesial Coffe, untuk di barat ada Burangrang Mountain spesial Coffe sedangkan untuk wilayah selatan Gununghalu Mountain Spesial Cofffe.


“Alhamdulillah kualitas kopi Bandung Barat sudah termasuk MPIG (Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis-red) atau sudah termasuk baik karena sudah bisa diekspor ke berbagai negara konsumen kopi,” kata Ida kepada wartawan disela-sela kegiatan Peningkatan Profesionalisme Petani Kopi Hutan Menyongsong MEA 2016 Cikole, Lembang, KBB, Senin (16/11).

Dia menambahkan, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ketiga ikon kopi hutan Bandung Barat tersebut disatukan menjadi Best Coffe Bandung Barat. Pasalnya, pada persaingan MEA bukan lagi persaingan antar kelompok petani kopi didaerah melainkan persaingan pasar global dikawasan asean yang harus dihadapi oleh petani kopi di Bandung Barat.

“Tiga-tiganya sama baik, tapi dalam menghadapi MEA ketiga kopi itu dijadikan menjadi satu yaitu Best Coffe Bandung Barat,” kata Ida.

Selain memanfaatkan ekspor kopi ke luar negeri, lanjut dia, Indonesia juga merupakan salah satu pasar lokal yang berpotensial. Karena peminum/konsumsi kopi masyarakat Indonesia masih rata-rata 1-2 kg pertahunnya, sedangkan di luar negeri sudah mencapai 12 kg per tahun.
“Jadi kalau kita sosialisasikan di Bandung Barat saja, sebenarnya kita tidak perlu ekspor. Di konsumsi oleh masyarakat Bandung Barat kita sudah cukup potensial untuk meningkatkan perokonomian,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Bandung Barat,  Abubakar menyambut baik langkah ini, sebab terdapat tiga kecamatan potensial penghasil kopi di daerahnya diantaranya Sindangkerta Gununghalu dan Lembang dan sekarang tinggal tugas pemerintah mengenai bagaimana pengelolaannya agar ada peningkatan kualitas dan kuantitas kopi.
“Kesejahteraan petani kopi pun meningkat seiring dengan semakin tingginya permintaan dari pasar karena kopi dari daerah kita juga sudah bisa diekspor,” ujar Abubakar.

Menurutnya, kopi jenis arabika yang dihasilkan para petani tentunya sangat potensial dikembangkan. Pihaknya sepakat dengan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup bersama Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat yang memberdayakan para petani ini karena lingkungan di sekitar masyarakat sudah diberikan ruang untuk menanam kopi.

“Disamping kepedulian masalah penghijauan, kini juga pemerintah harus mendorong kesejahteraan masyarakat petani kopi,” tuturnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …