Bupati Bandung Minta Warga Waspada Banjir dan Longsor

Banjir setiap tahun melanda Kampung Cieunteung.

Banjir setiap tahun melanda Kampung Cieunteung.

 


POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Masyarakat Kabupaten Bandung diminta untuk mewaspadai bencana yang biasa datang di musim penghujan seperti banjir dan longsor.

Bupati Bandung, Dadang M Naser mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya, musim penghujan akan segera datang. Kabupaten Bandung sendiri, merupakan daerah rawanbencana sehingga seluruh laposan Masyarakat diharapkan mewaspadainya.

“Memang hujan diprediksi akan sangat lebat, karena biasanya kalau kemarau penjang sepertit ahun ini, ketika masuk musim hujan intensitasnya akan tinggi,”tutur Dadang, Senin (16/11).

Untuk mengantisipasi banjir yang biasa melanda tiap tahun di beberapa Kecamatan, Dadang meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bahu membahu melakukan pembenahan saluran air. “Saya minta kepada seluruh komponen, baik Muspida, Muspika, aparat desa dan masyarakat untuk bersama-sama membersihkan gorong-gorong di lokasi rawan banjir,” ujarnya.

Begitupun dengan daerah yang rawan bencana longsor. Dadang berharap agar Masyarakat meningkatkan kewaspadaannya, supaya jika terjadi longsor tidak menimbulkan korban jiwa.

“Untuk masyarakat di daerah rawan longsor, jangan terlalu nyenyak tidur apalagi kalau sedang turun hujan. Ronda malam juga harus lebih ditingkatkan lagi,”katanya.

Untuk menangani jika terjadi bencana, Dadangmengatakan, dana tidak terduga APBD Kabupaten Bandung bisa dicairkan, namun terlebih dahulu Badan Penanggulangan bencana daerah harus menetapkan siaga darurat bencana.
“Dana tidak terduga kita tahuun ini ada 17 Miliar, dan belum terserap, saya kira jika ada bencana akan sangat mencukupi,”tandasnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …