Berkabung, Pusat Kebudayaan Prancis di Bandung Hentikan Aktivitas 72 Jam

Institut Francais D'Indonesia

Institut Francais D'Indonesia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Institut Francais D’Indonesia atau IFI menghentikan aktivitasnya. Tempat pusat kebudayaan Prancis yang berkantor di Bandung itu tutup selama 72 jam berkaitan masa berkabung atas peristiwa berdarah di Prancis pada Sabtu (13/11) lalu.


Pascainseden teror yang menewaskan seratus lebih orang, Presiden Prancis Francis Holland mengumumkan masa berkabung. Sistem administrasi di Prancis serta hal berhubungan dengan Prancis di negara lain, termasuk Indonesia, sementara waktu tutup atau tidak beroperasi.

“IFI Bandung ditutup untuk umum berkaitan masa berkabung nasional. Tutupnya selama 72 jam, sejak Sabtu malam lalu,” kata Direktur IFI Bandung Melanie Martini di kantor IFI Bandung, Jalan Purnawarman No.32, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (16/11/2015).

Penutupan kantor selama tiga hari, sambung Melanie, berlaku untuk aktivitas sekolah, perpustakaan, kegiatan budaya dan kafe di area IFI Bandung. “Siswa diliburkan. Kalau aktivitas internal tetap berjalan. Staf dan karyawan bekerja seperti biasa,” ujar Melanie.

Dia memastikan, aktivitas di IFI Bandung kembali normal pada Rabu 18 November 2015. “Rabu pagi sudah buka lagi,” kata Melanie.

Pantauan di IFI Bandung, beberapa lembar kertas berupa pengumuman ditempel di pintu gerbang dan tembok. Isi pengumuman itu tulisannya ‘Sehubungan dengan adanya aksi teror yang terjadi di Paris pada tanggal 13 November 2015 malam waktu setempat, pemerintah Prancis melalui Kedutaan Besar Prancis di Indonesia memerintahkan penutupan Institut Prancis Indonesia Bandung selama 72 jam. IFI Bandung akan dibuka kembali untuk umum pada hari Rabu 18 November 2015’.

Lebih lanjut Melanie menuturkan, pihaknya mendapatkan ucapan berkabung dari berbagai pihak warga serta komunitas di Bandung yang merupakan rekan kerja IFI Bandung.

“Mereka turut belasungkawa. Ini bukan lagi soal Prancis yang terluka, semua dunia turut merasakannya,” ujar Melanie. (cesar)

Loading...

loading...

Feeds