Ajukan Nota Pledoi, Ade Irawan Tak Memperkaya Orang Lain

Ade Irawan

Ade Irawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dakwaan memperkaya orang lain jaksa penuntut umum kepada terdakwa Kasus Korupsi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) DPRD Kota Cimahi tahun anggaran 2010 – 2011 Ade Irawan diklaim, tidak terbukti.


Hal itu terungkap dalam sidang pembacaan nota pledoi Penasehat Hukum Ade Irawan yang dibacakan secara bergiliran di ruang 1 Pengadilan Negeri Tipikor Jalan LLRE Martadinata Bandung.

Dalam pledoi itu, dijelaskan bahwa mengenai unsur perbuatan terdakwa menguntungkan orang lain tidak dapat diungkap secara utuh oleh Jaksa Penuntut Umum.

“Berkaitan dengan penerimaan uang para anggota dewan yang tidak melaksanakan perjalanan Dinasnya, bukan dari perintah dari terdakwa,” ungkap Ketua Penasehat Hukum Kuswar S Taryono itu, Senin (16/11/2015).

Karena, dalam pertanggungjawabannya, penggunaan dana SPPD oleh anggota Dewan dengan tidak berangkat harus dilakukan masing – masing.

Selain itu, dalam fakta persidangan terungkap tidak ada satupun anggota DPRD Kota Cimahi yang mengaku adanya perintah dari Ade Irawan.

“Tidak ada perintah terdakwa yang mengharuskan menerima dana SPPD meskipun anggota dewan itu tidak mengikuti agenda perjalanan dinas,” paparnya.

Sebelumnya, Ade Irawan dituntut tiga tahun penjara subsider enam bulan kurungan beserta denda Rp50 juta disertakan membayar uang pengganti sejumlah Rp107 juta karena telah terbukti telah merugikan Negara hingga Rp2,6 milyar, sebagaimana diatur dalam dakwaan subsider pasal 3 jo pasal 18 Undang Undang RI Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke- 1 KUHP jo pasal 54 ayat 1 ke- 1 KUHP dan pasal 12 huruf b Undang Undang RI nomor 20/2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUHP.  (cesar)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …