2016, UMK Bandung Naik 14,5 Persen

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan kesepakatan dengan buruh bahwa kenaikan UMK Bandung 2016 sebesar 14,5 persen dari UMK tahun ini Rp 2.310.000.


“Kesepakatan kenaikan UMK sudah disetujui buruh. Bahkan hari ini sudah saya tandatangani,” ujar lelaki yang akrab disapa Emil ini, Senin (16/11/2015).

Namun Emil mengaku, tidak tahu, buruh yang mana, yang kali ini menggelar aksi damai di Balai Kota.
“Saya sudah melakukan pembicaraan dengan perwakilan buruh, tapi sepertinya bukan yang demo ini,” jelasnya.

Menurut Emil, Pemkot Bandung tidak akan menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan dan masih menggunakan peraturan pengupahan lama.

“Saya yakin angka inflasi dan PDB bukan nasional, tapi lokal. Berdasarkan pertimbangan saya, situasi ekonomi tiap kota itu berbeda. Kalau rumusnya sih, boleh sama tapi input angkanya tidak boleh sama karena situasinya berbeda,” tandasnya.

Ia mengaku, keputusan untuk tidak mengikuti peraturan baru dalam pengupahan buruh tahun depan bisa ditolerir. “Diskresi keputusan ada di saya (Wali Kota, red), jika harus mengambil keputusan yang terkait dengan situasi lapangan. Jadi PP itu rasa keadilannya lebih ditekankan dengan input lokal bukan nasional,” imbuhnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …